Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co. dan afiliasinya yang lebih kecil Kia Corp. mengatakan bahwa penjualan kendaraan mereka di Eropa naik 9,3 persen pada bulan Oktober dibandingkan tahun sebelumnya, didorong oleh penjualan SUV dan model listrik.

Hyundai dan Kia menjual total 89.551 kendaraan di Eropa pada bulan Oktober, naik dari 81.953 unit yang terjual pada tahun lalu, kata perusahaan tersebut, mengutip data dari Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA), disiarkan Yonhap, Jumat (24/11).

Baca juga: Penjualan Hyundai, Kia di Britania naik 8,7 persen di Januari-Oktober

Hyundai dan Kia menguasai 8,6 persen pasar kendaraan penumpang Eropa pada bulan Oktober, menyusul Grup Volkswagen dengan pangsa 24,8 persen, Stellantis 17,4 persen, dan Grup Renault 9,9 persen, menurut data ACEA.

Meskipun terjadi pertumbuhan penjualan, pangsa pasar Hyundai Motor Group pada bulan Oktober turun 0,4 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Model terlaris dari kedua perusahaan asal Korea Selatan itu termasuk SUV Tuscon dan Kona dari Hyundai serta SUV Sportage dan Niro EV dari Kia.

Akumulasi penjualan Hyundai dan Kia di Eropa pada periode Januari-Oktober mencapai 940.543 kendaraan, naik 4 persen dari periode yang sama tahun lalu. Pangsa pasar gabungan mereka selama periode tersebut turun 1 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 8,8 persen. 

Baca juga: Hyundai, Kia kenalkan EV baru dan model konsep di Pameran Los Angeles

Baca juga: Crosstrek jadi mobil Subaru paling laris di Indonesia

Baca juga: Mobil listrik VW laku keras, penjualan naik 45 persen
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023