Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan Pertamina Subholding Commercial & Trading, Pertamina Lubricants berhasil meraih penghargaan tertinggi Standar Nasional Indonesia (SNI) Award 2023 ke-18 dengan membawa pulang predikat Platinum untuk kategori Organisasi Skala Besar Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Sebagai market leader di industri pelumas di Indonesia, penerapan SNI merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga sekaligus memperkuat daya saing, tidak hanya bagi perusahaan namun juga bangsa Indonesia,” kata Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants Sari Rachmi, dikutip dari keterangan persnya, Selasa.

Baca juga: Pertamina Lubricants resmi jadi sponsor utama VR46 selama tiga musim

Dia menambahkan, “Hal ini sejalan dengan visi dan misi kami sesuai dengan semangat BUMN untuk go-global. Penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa kualitas produk dan manajemen mutu dari Pertamina Lubricants dapat bersaing secara domestik dan global,” katanya.

SNI berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan melindungi konsumen dari produk pelumas yang tidak memenuhi standar dan persyaratan tertentu, serta mendorong inovasi dan pengembangan teknologi pelumas yang mematuhi standar. Tidak hanya itu, SNI membantu produk pelumas hasil karya anak bangsa untuk dapat bersaing di pasar internasional.

Oleh karena itu, Pertamina Lubricants secara aktif menerapkan SNI. Saat ini, terdapat lebih dari 100 produk pelumas bersertifikasi SNI (98 SNI pelumas wajib dan 6 secara sukarela) yang terdiri atas pelumas di segmen otomotif dan industri termasuk Fastron, Prima XP, Enduro 4T, Meditran SX, Turalik dan masih banyak lagi.

Baca juga: PTPL jalin kerja sama dengan Afrika Selatan melalui pelumas terbaiknya

Pertamina Lubricants juga telah mematuhi standardisasi sistem manajemen SNI/ISO Series pada proses bisnisnya, mulai dari lini produksi, distribusi hingga Pemasaran.

Hal ini membantu perusahaan untuk terus meningkatkan reputasi positif, mempermudah approval produk dan layanan, meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas akses pasar, dan meningkatkan kepercayaan stakeholders dalam hal sinergi dan partnership.

“Dengan SNI, kami siap bersaing di tengah kompetisi di industri pelumas yang semakin kencang dan dengan tantangan-tantangan industri yang akan kita hadapi ke depannya,” kata Sari.

Baca juga: Tiga tips pilih oli mobil yang tepat sesuai mesin
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023