Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif balap eksotis asal Italia Lamborghini Squadra Corse meminta PT Pertamina Lubricants untuk mengembangkan oli Pertamina Fastron yang kompeten dengan teknologi hypercar hybrid terbaru, Lamborghini SC63, yang akan debut pada 2024.

“Tahun depan kami akan menghadapi banyak tantangan, dan kompetisi balap yang menggunakan Fastron sebagai olinya, kami akan uji coba teknologi hybrid terbaru dari Lamborghini SC63 sehingga kami memiliki target dengan Pertamina untuk mengembangkan produk Fastron baru untuk hypercar ini,” ujar Head of Motorsport Lamborghini Giorgio Sanna di GIIAS 2023, ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu.

Permintaan tersebut berkaitan dengan misi mereka 2,5 tahun ke depan, Lamborghini Squadra Corse baru saja memperpanjang kontraknya dengan PT Pertamina Lubricants hingga 2025. Sebelumnya, Lamborghini Squadra Corse dan anak perusahaan Pertamina itu telah bekerja sama selama 8 tahun untuk produk oli Fastron Platinum Racing 10W-60 dengan spesifikasi khusus untuk digunakan dalam ajang balap.

Baca juga: Pertamina Lubricants resmikan Lubricants Technology Center

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Werry Prayogi mengatakan yakin dapat mewujudkan permintaan oli hypercar hybrid tersebut, mengingat penggunaannya jauh lebih sedikit dari kendaraan pembakaran internal (ICE).

“Tentunya kami harus mengikuti dengan teknologinya karena ilmu mesin dan pelumas ini akan selalu berkembang dengan kebutuhan pasar, baik mengenai lingkungan, efisiensi, ataupun performa. Kalau pelumas untuk pelumas hybrid, saya pikir masih bisa kita manfaatkan karena konsumsinya relatif lebih jauh dari ICE,” kata Werry.

SC63 merupakan tonggak sejarah bagi Lamborghini Squadra Corse, prototipe mobil balap hybrid Lamborghini pertama akan memulai debutnya di FIA World Endurance Championship 2024 (kelas Hypercar) dan di IMSA WeatherTech SportsCar Championship (kelas GTP).

Hal itu akan membawa Lamborghini ke level tertinggi dalam motorsport roda tertutup, dengan kesempatan untuk balapan di kompetisi ketahanan paling bergengsi di dunia seperti Le Mans 24 Jam dan Daytona 24 jam.

Baca juga: Pertamina Lubricants perpanjang kontrak dengan Lamborghini

Baca juga: Daihatsu hadirkan 20 unit Xenia edisi terbatas di GIIAS 2023

Baca juga: KTB untuk pertama kalinya pamerkan Next Generation eCanter

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023