Jakarta (ANTARA) - Memanfaatkan ajang pameran kendaraan roda dua dan aksesori motor internasional Italia, EICMA 2023, Benelli resmi meluncurkan sportbike Seri Tornado mereka yang ditawarkan dalam tiga varian yang tersedia untuk semua kalangan pengendaranya.

Rideapart pada Selasa mengabarkan bahwa tiga seri yang tersedia untuk semua latar belakang pengendara tersebut di antaranya adalah mengisi ruang kapasitas 300cc, 400cc, dan 500cc.

Yang pertama adalah Tornado 300, ini jelas merupakan kelas yang bisa dianggap terlambat hadir. Hal itu, dikarenakan sudah tidak banyak lagi sepeda motor sport yang bermain di kapasitas 300cc.

Tornado 300cc ini diyakini oleh Benelli dapat menghasilkan tenaga sebesar 35 tenaga kuda dan torsi 27 Nm (18,9 pon-kaki). Tenaga dikirim ke roda belakang melalui gearbox manual enam kecepatan standar, dan Tornado 300, seperti semua motor sport di pasaran, menggunakan roda 17 inci.

Baca juga: Benelli bawa skuter Panarea yang mirip Vespa ke pasar Malaysia

Selanjutnya ada Benelli Tornado 400, sebuah motor sport yang menempatkan dirinya tepat di garis bidik pasar sepeda motor sport entry-level saat ini. Tornado 400 ini hadir dengan mesin 399cc, berpendingin cairan, injeksi bahan bakar yang menghasilkan tenaga dan torsi yang hampir sama dengan Ninja 400, yaitu 47,6 tenaga kuda dan torsi 38 Nm (26,6 pon-kaki).

Di sini, Tornado 400 menonjol dengan lengan ayun satu sisi yang mewah dan fitur-fitur kelas atas seperti layar TFT penuh warna sebesar lima inci. Motor ini juga menawarkan konektivitas Bluetooth, dan memiliki sistem pemantauan tekanan ban bawaan.

Yang terakhir adalah Tornado 500, motor ini diluncurkan sebagai motor sport kembar paralel terbesar dalam seri Tornado. Ia berbagi platform yang sama dengan Tornado Naked Twin 500, dan menampilkan desain agresif yang sama seperti saudara terkecilnya.

Baca juga: Benelli hadirkan BN125 motor untuk para pemula

Benelli membedakan Tornado 500 dengan komponen premium yang didesain untuk performa. Di depan, konsumen akan menemukan garpu Marzocchi terbalik, sedangkan sistem pengeremannya sudah menggunakan perangkat keras Brembo.

Benelli menghadirkan motor ini dengan layar TFT penuh warna dengan konektivitas Bluetooth yang diyakini dapat memudahkan dan memberikan kegembiraan kepada penggunanya.

Dari sisi performa, Tornado 500 memiliki mesin 500cc, berpendingin cairan, injeksi bahan bakar, kembar paralel yang menghasilkan 47,6 tenaga kuda yang sama dengan model 400cc.

Namun torsi untuk motor ini lebih besar yaitu 46 Nm (32,2 pon-kaki). Model ini menerima tangki bahan bakar besar dengan kapasitas 16,5 liter. Ketinggian kursi juga dapat disesuaikan untuk melayani pengendara dengan berbagai ukuran. 

Baca juga: Benelli kuasai pasar sepeda motor Italia selama 2021

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023