Yogyakarta (ANTARA) - Memasuki masa transisi menuju Net Zero Emission (NZE) 2060 di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali menggelar seminar nasional yang bertajuk “Percepatan pengembangan ekosistem hidrogen di sektor industri dan transportasi menuju Net Zero Emission (NZE) 2060 di Indonesia” yang berlangsung di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT TMMIN Nandi Julyanto mengatakan bahwa Indonesia memiliki berbagai macam sumber daya yang dapat menunjang kebutuhan energi di masa depan terlebih dalam hal kebutuhan otomotif.

“Sebagai bagian dari solusi transportasi masyarakat Indonesia, publik advokasi melalui aktivitas seminar nasional ini akan memaparkan tantangan sosial-ekonomi dan transformasi digital dalam pengembangan energi alternatif di sektor transportasi menuju NZE 2060 di Indonesia yang memfokuskan pada teknologi hidrogen,” kata Nandi Julyanto di Yogyakarta, Rabu.

Baca juga: PT TMMIN: Ekspor kendaraan kuartal pertama 2023 naik 9,4 persen

Dia meyakini bahwa Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang sangat subur dan tersebar di berbagai daerah. Hal itu menjadi modal besar dalam menjadikan Indonesia, sebagai pemain utama di industri otomotif masa depan nantinya.

Kapasitas Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dimiliki oleh Indonesia memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai contoh, Indonesia memiliki potensi EBT hidrogen yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang banyak tersebar di Kalimantan Utara, Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Papua.

Bahkan, pemerintah juga mengakui bahwa Indonesia memiliki potensi untuk memproduksi listrik dari EBT dengan kapasitas 3.000 gigawatt (GW) dan potensi tersebut baru dimanfaatkan hanya sekitar 12,5 GW saat ini.

Dengan begitu, pihak pemerintah sangat percaya diri dalam menjalani industri di masa depan yang berpatokan pada hidrogen. Saat ini, Singapura masih menaruh ketergantungannya terhadap Indonesia untuk kebutuhan hidrogen hijau.

Nandi Julyanto menambahkan bahwa memanfaatkan sumber daya alam yang sudah disediakan untuk mereduksi emisi, menjadi suatu keniscayaan untuk mengejar target NZE demi masa depan hijau bagi seluruh generasi.

“Terutama di sektor transportasi yang digadang-gadang menjadi salah satu fokus utama dalam dekarbonisasi,” dia menambahkan.

Oleh karena itu, sebagai produsen otomotif terbesar di Tanah Air, Toyota senantiasa memberikan berbagai pilihan yang cukup lengkap untuk menuju masa depan yang lebih cerah.

“Kami di Toyota mendorong multiple solution dengan menyediakan berbagai teknologi kendaraan yang dapat membantu mengurangi emisi mulai dari kendaraan konvensional yang bisa menggunakan bahan bakar bio, kendaraan hybrid electric vehicle, plug-in electric vehicle, battery electric vehicle hingga Fuel-cell electric vehicle,” ucap Nandi Julyanto.

Baca juga: TMMIN: Perlu kolaborasi ciptakan industri dan ekosistem baterai

Ragam teknologi yang dimiliki oleh Toyota akan saling melengkapi satu sama lain karena implementasinya sejalan dengan faktor-faktor pendukung seperti kesiapan infrastruktur, energy mix serta preferensi konsumen di suatu wilayah.

“Dengan pendekatan ini maka diharapkan semua kalangan dapat berkontribusi terhadap penurunan emisi sejalan dengan prinsip yang kami yakini, yaitu 'no one left behind',” Nandi Julyanto menjelaskan.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh para pembicara dari sektor Pemerintah, akademisi, dan juga industri, diantaranya pemaparan keynote speech mengenai visi dan strategi Pemerintah dalam pengembangan energi hijau untuk mencapai target NZE yang akan disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Lalu hadir pula rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, M. Med. Ed., Sp. OG (K)., Ph.D, perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yaitu Andriah Feby Misna, S.T., M.T., M.Sc yang akan memaparkan roadmap energi Indonesia dan statusnya saat ini.

Selanjutnya materi seminar juga diisi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yaitu Prof. Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi yang akan menjelaskan secara komprehensif mengenai pergerakan global, ekonomi hidrogen, dan potensinya di Indonesia.

Baca juga: Toyota berkomitmen tingkatkan komponen lokal kendaraan listrik

Baca juga: Toyota berupaya era mobil listrik tak picu deindustrialisasi otomotif

Baca juga: Dukung NZE, Toyota siap produksi kendaraan berbasis energi terbarukan

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023