Jakarta (ANTARA) - Meskipun masih berbentuk purwarupa, CEO Ferrari Benedetto Vigna mengatakan bahwa mobil listrik pertama Ferrari sedang dalam proses pengembangan, sesuai dengan jadwal dalam hal pengembangan kendaraan dan infrastruktur.

Selain itu, "e-building" baru dari produsen mobil Ferrari (yang akan membangun kendaraan listrik dan hybrid) sudah siap menunggu kendaraan listriknya, sebagaimana dilaporkan Carscoops, Minggu (5/11).

Pada 2021, ketika Ferrari sedang mencari CEO baru, manufaktur mobil mewah dari Italia itu membuat keputusan tidak biasa, dengan mempekerjakan seseorang dari industri teknologi, bukan dunia otomotif. Alasan di balik pemilihan Benedetto Vigna mungkin karena teknik dari industri teknologi digunakan untuk mengembangkan kendaraan listrik pertama mereka.

Baca juga: Mobilitas berkelanjutan jadi fokus utama Ferrari

Ferrari berencana untuk meluncurkan mobil listrik pertamanya pada tahun 2025 dan sedang berupaya untuk mengelektrifikasi lebih banyak lagi jajaran produknya di tahun-tahun mendatang. Vigna mengatakan bahwa pengembangannya berjalan dengan baik berkat teknik seperti pengujian "Hardware in the Loop".

Pendekatan itu mungkin tidak asing bagi Vigna, CEO produsen microchip, STMicroelectronics itu. Pengujian itu berusaha untuk mensimulasikan perilaku produk pada sebanyak mungkin kondisi yang beragam.

Teknik yang biasanya diterapkan pada ponsel cerdas dan komputer sekarang diadopsi secara lebih luas di dunia otomotif.

"Beberapa sudah mulai menggunakannya untuk mobil, dan kami juga. Hal ini memungkinkan Anda untuk mempercepat fase debugging (proses menemukan dan memperbaiki kesalahan) sistem elektronik," kata Vigna.

Vigna menilai mereka memang membutuhkan waktu untuk bersiap, namun, teknik itu membuat mereka bisa menyelesaikan beberapa masalah yang biasanya muncul pada model hybrid pada tahap pengembangan selanjutnya.

Meskipun CEO baru itu membawa banyak pengetahuan industri teknologi ke Ferrari, dia sangat ingin memberi tahu dunia bahwa produsen mobil ini tidak lupa bagaimana melakukan yang terbaik.

Pada awal Oktober, Vigna mengungkapkan bahwa dia telah mengemudikan purwarupa mobil listrik pertamanya, dan mengatakan bahwa dia "sangat menyukainya".

Baca juga: Produksi Ferrari tahun 2030 akan didominasi mobil listrik dan hibrida

Baca juga: Lamborghini akselerasi komitmen dukung kendaraan listrik

Baca juga: Uji coba Toyota FT-Se di sirkuit buka jalan saingi Porsche Cayman EV

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023