Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil Korea Selatan KG Mobility bermitra dengan pembuat kendaraan listrik China BYD Co. untuk membangun pabrik baterai di Korea Selatan dan mengembangkan kendaraan generasi berikutnya.

KG Mobility dan BYD telah menandatangani perjanjian di kantor pusat BYD di Shenzhen, China, untuk membangun pabrik baterai di Changwon, 300 kilometer selatan Seoul, dan mengembangkan model serba listrik dan hibrida, kata KG Mobility dalam sebuah pernyataan, yang disiarkan Yonhap, Kamis (2/10).

KG Mobility, sebelumnya bernama SsangYong Motor Co., mengoperasikan pabrik mobil di Pyeongtaek, 60 kilometer selatan Seoul, dan pabrik mesin kendaraan di Changwon.

Baca juga: KG Mobility luncurkan SUV Torres EVX listrik

“Kami berencana memasang baterai (yang akan diproduksi di pabrik Korea) pada model SUV Torres EVX berikutnya, truk pikap listrik O100 (yang akan diproduksi pada akhir 2024) dan model mendatang lainnya,” kata KG Mobility dalam pernyataan itu.

KG Mobility meluncurkan Torres EVX di pasar domestik pada bulan September.

Para insinyur dari kedua perusahaan telah memasuki proyek untuk mengembangkan sistem hibrida generasi berikutnya untuk kendaraan. Dalam kerja sama dengan BYD, KG Mobility bertujuan untuk memperkenalkan truk pickup listrik O100, SUV unggulan F100 berbasis Rexton, dan SUV subkompak KR10 mulai akhir 2024.

Mereka juga berencana untuk menambahkan model hybrid berbasis SUV Torres ke jajarannya pada tahun 2025. Perusahaan tidak memberikan besaran investasi untuk pabrik tersebut dan rincian lainnya.

Dari Januari hingga Oktober, penjualan kendaraan KG Mobility naik 10 persen menjadi 102.640 unit dari 93.344 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Jajaran produk KG Mobility saat ini terdiri dari SUV Tivoli, Korando, Rexton, Rexton Sports, Torres, dan Torres EVX.

Baca juga: SsangYong Motor ubah nama jadi KG Mobility

Baca juga: BYD akan akuisisi bisnis manufaktur perusahaan asal AS Jabil di China

Baca juga: Toyota lakukan studi untuk bangun pabrik baterai EV di Indonesia

Baca juga: BMW investasikan dana Rp1.6 triliun untuk uji coba baterai EV
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023