Jakar (ANTARA) - Mekanik dari diler Hyundai Arista Margonda yang dikelola oleh Arista Group, Haydar Ali, menjadi perwakilan Indonesia yang bertanding di Hyundai World Skill Contest ke-14 di Seoul, Korea Selatan, pada 23-27 Oktober 2023.

Keikutsertaan Haydar Ali pada Hyundai World Skill Contest 2023 menjadi salah bentuk cara Arista Group yang merupakan perusahaan diler pengelola sembilan merek otomotif di 69 kota di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan para mekanik sekaligus bentuk apresiasi atas ketekunan bekerja mereka.

"Arista Group turut bangga atas terpilihnya Haydar Ali sebagai perwakilan Indonesia yang akan bertanding di Hyundai World Skill Contest 2023 di Seoul. Keikutsertaan Haydar di ajang ini merupakan wujud kesungguhan kami dalam membina sumber daya manusia melalui berbagai pelatihan yang mengasah keterampilan mereka dalam menangani berbagai mesin kendaraan," ujar Director Hyundai Arista Group Christoforus Ronny Ng lewat keterangan tertulis, Senin (23/10).

Baca juga: Tekiro dan Polda DIY latih 100 orang untuk belajar jadi mekanik

Ronny berharap kemampuan dan prestasi Haydar di kompetisi-kompetisi sebelumnya akan memberikan yang terbaik untuk membawa pulang titel juara dan ikut membanggakan nama Arista Group, Hyundai, dan Indonesia.

Arista Group, Ronny melanjutkan, mendukung penuh potensi sumber daya manusia yang mengikuti banyak ajang kompetisi otomotif baik di skala regional, nasional, maupun global. Lewat kegiatan Human Capital Development Program, Arista memberikan berbagai pelatihan kepada tenaga penjualan dan tenaga purnajual, termasuk Arista Academy, Salesforce Gathering, Rewards & Motivation, serta berbagai training dan seminar.
Mekanik dari diler Hyundai Arista Margonda yang dikelola oleh Arista Group, Haydar Ali, menjadi perwakilan Indonesia yang bertanding di Hyundai World Skill Contest ke-14 di Seoul, Korea Selatan, pada 23-27 Oktober 2023. (ANTARA/HO/Arista Group)


Rangkaian kegiatan ini bermuara pada prinsip bahwa Arista membangun super team yang berlandaskan salah satu nilai TRUST, Team First, Individual Second. Maka sepanjang persiapan Haydar, pada bulan September Arista menyediakan satu unit latihan selama satu minggu di diler Hyundai Arista Margonda.

Haydar Ali merupakan satu dari 1.500 lebih mekanik andal yang bekerja pada Arista Group, tepatnya di Hyundai Arista Margonda. Dia telah memulai kariernya di Arista Group sebagai mekanik sejak Juli 2021.

Baca juga: Mensos berikan motivasi kepada peserta pelatihan mekanik di Jayapura

Selama meniti karier di Hyundai Arista Margonda, Haydar pernah meraih juara ketiga untuk kategori Service Advisor dan Technician di ajang Hyundai National Service Skill Contest 2022. Ajang ini merupakan kompetisi untuk sales consultant, service advisor, dan technician dealer Hyundai di Indonesia yang sudah berlangsung dari November 2022 sampai Januari 2023.

Setelahnya, Haydar juga sempat mewakili Hyundai Motor Indonesia dan berhasil masuk tiga besar dalam proses seleksi ajang global 14th World Skill Contest. Pada tahapan final nanti, keterampilan mekanis Haydar akan dinilai dengan kriteria diagnosa EV dari safety system, charging system dan HV Powertrain; Kelistrikan body, kelistrikan chasis, dan HV battery system.

Pada Hyundai National Service Skill Contest 2023, Haydar akan berkompetisi pada kategori EV. Ia telah melalui proses persiapan panjang yang berlangsung sejak bulan Juni sampai 6 Oktober 2023. Setelah lolos seleksi, Haydar mengikuti tiga sesi training camp yang fokus pada tenaga kendaraan EV, termasuk voltase, charging system, power conversion dan GDS, dan spesialisasi EV.

Setelah itu, proses dilanjutkan dengan tiga sesi training camp terkait kerangka mesin dan rem termasuk ADAS, chassis, heatpump system, serta body & electrical system. Untuk persiapan akhir, Haydar melakukan OJT bersama tim teknis, brush up, tes tertulis, dan praktek sebagai persiapan akhir sebelum bertolak ke Korea Selatan.

Hyundai World Skill Contest 2023 merupakan sebuah ajang global tahunan yang menguji kemampuan tenaga purna jual Hyundai.

Baca juga: Federal Oil sabet rekor MURI untuk pelatihan kepada ribuan mekanik
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023