Jakarta (ANTARA) - Setelah mengenalkannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus lalu, Chery International mengajak beberapa awak media--termasuk ANTARA--untuk menguji coba kendara mobil listrik Chery Omoda 5 EV langsung di depan dapur produksi atau pabrik Chery di Wuhu, China pekan ini.

Meski baru dikenalkan beberapa bulan lalu, Chery Omoda 5 EV kabarnya mendapatkan respons konsumen yang cukup baik, dengan ratusan konsumen mengantre untuk membelinya meskipun harganya belum secara resmi diumumkan.

Dari segi tampilan, memang kendaraan ramah lingkungan ini tidak memiliki banyak perbedaan dari luar maupun dalam dibanding varian yang menggunakan mesin bensin yang ada di Indonesia maupun global.

Hanya saja, terdapat beberapa hal yang membuat para pemiliknya nanti harus beradaptasi ulang dengan berbagai komponen utama, seperti konsol atau tuas transmisi yang sekarang tidak lagi terlihat di konsol samping kursi kemudi.

Baca juga: Tidak hanya otomotif, Chery juga punya produk elektronik

OMODA 5 ev yang bakal meluncur di Indonesia. (ANTARA/Chairul Rohman)

Lalu, ke mana perginya konsol atau tuas transmisi dari kendaraan OMODA 5 elektrik ini? Sebagaimana Hyundai dengan Ioniq-nya, Chery mengganti dan memindahkan tuas transmisi dengan stik yang ditempatkan di sebelah kanan roda kemudi--layaknya tuas wipper.

Pada mobil-mobil konvensional yang beredar di Indonesia selama ini, tempat tuas stik itu biasanya merupakan tempat tuas pengatur lampu sein, dengan menggeser naik untuk sein kiri dan turun untuk sein kanan.

Pada Omoda 5 EV, konsol tengah justru digunakan untuk tombol pengaturan air conditioner (AC), lalu ada dual cup holder untuk menaruh minuman dan juga fungsi lainnya.

Untuk pengoperasian tuas transmisi Omoda 5 EV ini cukup mudah, tidak sesulit yang Anda bayangkan, sehingga semua orang akan dengan cepat beradaptasi. Pengguna yang nantinya memiliki kendaraan ini hanya cukup menekan stik untuk memindahkan transmisi yang terdiri dari mode R, N, D, dan juga P.

Untuk menggunakan mode P, konsumen atau pemilik hanya butuh menekan tombol yang berada di ujung stik tersebut. Sehingga, itu akan lebih memudahkan para penggunanya dalam menjalankan atau menghentikan kendaraannya.

Tidak hanya konsol atau tuas transmisi, Omoda 5 EV ini juga mengusung head unit dengan desain berbeda. Pada mobil ini, terlihat sekali tampilan layar dual screen yang begitu luas yakni 20.5 inici sehingga dapat memanjakan penggunanya.

“Iya, kalau yang dimiliki Omoda 5 GT itu lebih datar, kalau yang ini (Omoda 5 EV) bentuknya lebih curve,” kata Head of PR PT CSI, Mohammad Ilham Pratama beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Chery siapkan Jaecoo untuk pasar Indonesia

Baca juga: Tidak hanya SUV, Chery juga incar segmen MPV ke depannya
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023