Jakarta (ANTARA) - Toyota Astra Motor (TAM) menggelar GR Garage Experience Track Day di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, dan ANTARA berkesempatan menjajal GR86 versi modifikasi GR Garage.

Mobil sport dua pintu Toyota GR86 itu merupakan generasi kedua yang hadir di Indonesia dengan mengusung identitas Gazoo Racing (GR), divisi performa yang mengembangkan kendaraan Toyota untuk dipakai pada ajang balap.

Sementara GR Garage, yang baru dibuka di kawasan Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara, Jumat (15/9), merupakan bengkel yang sekaligus menyokong kebutuhan gaya hidup para pecinta motorsport. GR Garage pertama di Indonesia itu berfokus kepada pemeliharaan hingga modifikasi Toyota GR dan kendaraan Toyota lainnya lebih berperforma.

Toyota GR86, yang mengaspal di lintasan balap Ancol kali ini, mengalami modifikasi pada bagian ban dan body kit dengan spek racing. Selain terlihat lebih garang dari versi dasarnya, ban tersebut membuat handling terasa jauh lebih mudah dan menyenangkan, serta mampu mencengkram tikungan-tikungan tajam lebih tegas.

Body kit sulapan GR Garage juga tidak hanya berfungsi pada styling yang membuat rupa GR86 lebih tampan, tapi, juga memecah udara sehingga mobil yang dirancang untuk balap itu mampu melesat lebih kencang lagi.

Interior Toyota GR86 yang diambil di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (16/9/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)

Meski menjajal hanya dalam one lap atau sekali putaran sirkuit, melaju dengan GR86 terasa amat menyenangkan, ditambah modifikasi yang lebih mendukung. Kemampuan "monster" itu membuat tak ada ragu sedikit pun untuk menancap gas dalam-dalam dan menikung pada kecepatan tinggi.

Lebih lagi, kami berkesempatan untuk menjajal versi transmisi manual dengan enam percepatan, sensasi berkendara menjadi lebih asyik dan menantang.

Toyota GR86 melintas di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (16/9/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)


Sebelum menjajal GR86 versi modifikasi GR Garage, kami juga menyempatkan untuk mencoba menunggangi GR86 versi transmisi automatic tanpa modifikasi. Keduanya sangar untuk berpacu di landasan balap, namun, versi modifikasi terasa jauh lebih mantap, meski hanya mengalami modifikasi kecil tanpa upgrade performa mesin.

Dikutip dari situs resminya, All New Toyota GR86 2.4L M/T dijual seharga Rp984,1 juta, dan versi 2.4L A/T seharga Rp1 miliar.

All New GR86 adalah mobil sport GR global ketiga bersama GR Supra dan GR Yaris. All New GR86 merupakan mobil yang langsung ditangani dan dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing (TGR) sehingga memperoleh manfaat dari keterlibatan dan pengalaman TGR dalam memenangi berbagai ajang motorsport internasional.

Secara tampilan, Toyota GR86 hadir dengan bahasa desain eksterior dan interior yang lebih agresif dan sporty. Mobil itu juga dibekali mesin baru yang lebih bertenaga.

Baca juga: Toyota bawa enam model GAZOO Racing baru di GIIAS, ada All New GR86

Baca juga: Toyota hadirkan GR86 dengan opsi modifikasi

Baca juga: Berbeda dengan GR Yaris, GR Corolla akan diproduksi kontinu

Baca juga: Ferrari gelar pameran Ferrari Classiche pertama di Indonesia
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023