Jakarta (ANTARA) - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali memberikan penyegaran terhadap kendaraan elektrik mereka yakni Ioniq 5 dengan menyematkan Hyundai Bluelink guna menambah kegembiraan saat dikendarai.

“Kami terus berupaya menghadirkan inovasi dan teknologi terkini yang memberikan manfaat lebih bagi konsumen. Kehadiran Hyundai Bluelink di IONIQ 5 diharapkan akan semakin memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan berkendara yang lebih lengkap bagi konsumen,” kata Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia Woojune Cha di Jakarta, Rabu.

Penyematan teknologi pintar dari Hyundai untuk kendaraan listrik pertama yang diproduksi di Indonesia itu akan menambah daftar fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan dengan penanaman 19 fitur terbaru yang dapat memberikan kemudahan bagi konsumen.

Baca juga: Ioniq 5 batik meluncur tandai 50 tahun persahabatan Indonesia-Korea

Teknologi pintar yang ada pada Hyundai Ioniq 5 juga memungkinkan pemiliknya untuk melakukan kendali jarak jauh pada berbagai fungsi kendaraan. Salah satunya adalah fitur Remote Start and Stop Climate Control untuk menyalakan, mematikan, serta mengatur suhu di dalam kabin langsung dari aplikasi.

Fitur itu juga memungkinkan pengguna menjadwalkan pengaturan suhu dan pengisian daya langsung Ioniq 5 melalui aplikasi sehingga fungsi tersebut dapat berjalan otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Pada Ioniq 5, fitur itu juga berfungsi sebagai pengawas pada saat pemilik sedang mengisi daya kendaraan. Melalui fitur Charging Status, pengguna bisa melihat dan memantau berbagai indikator seperti status koneksi ke charging port, tingkat daya baterai hingga jadwal pengisian daya.

Meski begitu, mobil listrik itu tidak banyak mengalami perubahan. Ioniq 5 buatan lokal masih mengusung Platform (E-GMP), yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model mobil listrik tersebut.

Platform yang tertanam pada mobil itu dapat menampung kapasitas baterai yang besar (58 Kwh untuk Standard Range dan 72,6 KWh untuk Long Range) serta memungkinkan pengisian daya menggunakan ultra fast charging dan kompatibilitas dengan berbagai infrastruktur pengisian daya.

Platform itu juga menghadirkan berbagai fitur-fitur canggih dan inovatif, salah satunya adalah Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan pengguna menyalakan perangkat elektronik apa pun langsung dari kendaraan.

Baca juga: Hyundai resmi hadirkan Ioniq 6 di GIIAS 2023

Akselerasi dari mobil listrik itu juga memberikan catatan yang cukup mengesankan. Untuk tipe Prime Standard dan Signature Standard, jika mengacu pada catatan yang diberikan, akselerasi dari 0-100 kilometer/jam dapat ditempuh dalam waktu 8,5 detik.

Sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer/jam hanya dalam 7,4 detik.

Hyundai dengan versi Bluelink sudah tersedia di seluruh dealer di Indonesia dengan harga yang bervariasi. IONIQ 5 Bluelink Prime Standard Range dipasarkan seharga Rp759 juta, IONIQ 5 Bluelink Prime Long Range seharga Rp800 juta, IONIQ 5 Bluelink Signature Standard Range seharga Rp820juta, dan IONIQ 5 Bluelink Signature Long Range seharga Rp870 juta.

Baca juga: Harga MG4 EV lebih murah Rp100 juta dibandingkan Hyundai Ioniq 5

Baca juga: JLM Auto resmi luncurkan Range Rover PHEV seharga Rp5 miliar

Baca juga: GAIKINDO: Indonesia berpeluang jadi pemasok komponen kendaraan listrik

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023