Jakarta (ANTARA News) - Dalam rancangan anggaran 2014, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengusulkan kenaikan dana anggaran untuk penelitian mobil, kereta berkecepatan tinggi dan manufaktur. 

Obama juga berencana menaikkan anggaran untuk penelitian kendaraan Departemen Energi sebesar 75 persen atau senilai 575 juta dolar AS. Ia juga menganggarkan dana 2 miliar dolar AS untuk mencari solusi ketergantungan AS pada minyak asing. 

"Kami akan melanjutkan perjalanan kami menuju kemandirian energi," kata Obama seperti dikutip inautonews, Jumat. 

Untuk mendongkrak penjualan mobil listrik, presiden akan menaikkan kredit pajak mobil listrik senilai 10.000 dolar AS sehingga memungkinkan pelanggan mendapatkan kredit otomotif.

Partai Republik menolak usulan presiden untuk meningkatkan kredit pajak mobil listrik dan menolak pendapatan hasil minyak untuk mendanai penelitian.  

Pada 2008, Obama yakin AS akan memiliki satu juta model plug-in di jalanan pada 2015. Sayang, impian Obama akan buyar karena penjualan model plug-in sejak 2011 hanya 50.000 unit. 

Obama telah mengubah fokus ke nmobil listrik dan sekarang ingin memperluas kredit pajak sampai 40.000 dolar AS untuk batere bahan bakar bertenaga menengah.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2013