Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan pencapaian pentingnya meraih jumlah produksi tiga juta unit sejak perusahaan itu hadir di Indonesia pada 1978.

Angka produksi itu meliputi merek Daihatsu maupun Toyota, dengan kontribusi terbesar Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang mencapai 1.518.726 unit.

Kemudian Daihatsu Terios dan Toyota Rush 272.637 unit, Daihatsu Gran Max, Luxio, dan Toyota Town Ace-Lite Ace 305.137 unit, dan model sebelumnya 925.172 unit.

"Keberhasilan ADM mencapai produksi tiga juta unit adalah berkat dukungan pemasok," kata Presiden Direktur ADM Sudirman MR dalam konferensi pers di Assembly Plant ADM, Sunter, Jakarta, Rabu.

Saat ini ADM bekerja sama dengan 165 perusahaan pemasok komponen lapis pertama (First Tier) dan 850 pemasok komponen lapis kedua (Second Tier) dengan melibatkan sekitar 700 ribu tenaga kerja.

"Pencapaian ini merupakan milestone dalam perkembangan ADM selama ini karena menjadikannya sebagai produsen otomotif terbesar di Indonesia," katanya.

Sudirman mengatakan pencapaian tersebut tidak terlepas dari kondisi pasar domestik yang tumbuh serta kualitas produk yang telah terbukti di pasar ekspor.

Pencapaian tersebut juga mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penghargaan "Perusahaan Perakitan Mobil Pertama yang Mencapai Produksi tiga juta unit".

Konferensi pers tersebut ditandai dengan pidato sambutan serta penandatanganan piagam oleh Menteri Perindustrian Mohammad S Hidayat didampingi dengan Presiden Direktur ADM Sudirman dan Direktur Eksekutif Senior ADM Takashi Nomoto.

Turut hadir pula Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk (Astra) Prijono Sugiarto, Wakil Presiden Direktur Daihatsu Motor Company Masanori Mitsui dan Managing Eksekutif Officer Toyota Tsusho Corporation (TTC) Jun Eyama.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013