Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co. dan afiliasinya yang lebih kecil, Kia Corp.akan menarik kembali lebih dari 91.000 kendaraan yang baru dirilis di Amerika Serikat karena risiko kebakaran.

Perusahaan otomotif asal Korea Selatan ini telah mengajukan laporan pemanggilan kembali ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA).

Mereka menyarankan pelanggan untuk memarkirkan kendaraan yang terkena dampak di luar dan menjauh dari bangunan sampai bagian yang cacat diperbaiki.

Baca juga: Delapan perusahaan akan tarik 30 ribu kendaraan di Korea Selatan

Kontroler elektronik untuk perakitan pompa minyak Idle Stop and Go mungkin mengandung komponen listrik yang rusak yang dapat menyebabkan kontroler pompa menjadi terlalu panas dengan risiko kebakaran, demikian pernyataan dari produsen mobil tersebut kepada NHTSA.

Penarikan kembali Hyundai mencakup kendaraan Palisade dari tahun model 2023-2024, kendaraan Tucson, Sonata, Elantra, dan Kona dari tahun model 2023, serta kendaraan Seltos dari tahun model 2023-2024.

Baca juga: Tiga perusahaan tarik belasan ribu kendaraan karena suku cadang rusak

Sementara penarikan kembali Kia mencakup kendaraan Soul dan Sportage dari tahun model 2023.

Para dealer akan memeriksa dan mengganti kontroler pompa minyak listrik secara gratis, sesuai kebutuhan, demikian pernyataan dari kedua perusahaan tersebut seperti disiarkan Yonhap, Jumat (4/8).

Baca juga: Hyundai,Kia minta pemilik kendaraan yang ditarik di AS parkir di luar
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023