Jakarta (ANTARA) -
Hanya berselang satu pekan setelah Volkswagen mengumumkan program pengujian ID.Buzz otonom versi prototipe di Amerika Serikat, kini penggunaan armada tersebut diperluas ke Munich, Jerman.
 
Melansir Carscoops pada Jumat (14/7), uji coba pertama di jalan umum akan dimulai dalam beberapa minggu ke depan. Kursi penumpang mobil masa depan otonom VW itu akan diisi oleh perwakilan pemerintah, jurnalis, otoritas publik, dan pebisnis.

Sementara ID.Buzz AD (Autonomous Driving) akan mengemudi sendiri, pengemudi manusia akan tetap berada di kursi kemudi setiap saat untuk mengawasi sistem, memastikan semuanya berjalan sesuai rencana. Warna van listrik VW itu adalah corak hitam dan kuning yang sama dengan yang diuji di AS.

Van VW yang diuji coba di Jerman juga memiliki empat tempat duduk dan menampilkan sistem self-driving Mobileye.

Baca juga: Volkswagen luncurkan program uji kendaraan otonom di AS

Dibandingkan dengan model ID.Buzz standar, perangkat keras pada mobil di Jerman mendapatkan peningkatan, termasuk kamera yang dipasang di atap, radar, dan lidar. Fitur-fitur itu dinilai cukup untuk mencapai otonom Tingkat 4, yang hanya selangkah lagi dari otonomi penuh (Tingkat 5).

VW mengatakan bahwa prototipe dapat dibuat dalam jumlah besar setelah mereka siap untuk memproduksi seri itu. Uji coba yang terus dilakukan di Eropa dan Amerika Utara berkontribusi kepada pengumpulan data dari berbagai skenario mengemudi di lingkungan perkotaan.

Tujuan uji coba itu adalah untuk memperluas armada untuk penggunaan komersial (layanan berbagi tumpangan dan transportasi) di lebih banyak kota di Eropa dan Amerika Utara.

Di Jerman, perusahaan pertama yang memanfaatkan ID.Buzz otonom adalah MOIA, yang telah menjadi anak perusahaan VW Group sejak 2019. Skema yang diterapkan di Jerman berbeda dengan yang di Amerika utara, di Eropa kendaraan otonom akan dioperasikan oleh perusahaan eksternal dari sektor mobilitas dan transportasi sehingga tidak berafiliasi dengan VW.

Baca juga: Van listrik VW ID.Buzz 2024 mulai debut awal Juni di Amerika Serikat

Baca juga: Van listrik Arrival lakukan uji coba di Jerman

Baca juga: DFSK dan Transjakarta uji coba Gelora E untuk angkot JakLingko
 
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023