Jakarta (ANTARA News) - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) hatcback Mitsubishi Mirage menembus angka 27km/liter pada uji mengendarai yang dilakukan  pereli profesional.

PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai agen pemegang merek mobil Mitsubishi di Indonesia, melalui keterangan pers menyebutkan uji mengendarai Mirage tersebut menempuh jarak 113 km dari Pulo Mas - Karawaci - Pulo Mas, dengan melewati jalan perkotaan yang padat dan jalan bebas hambatan.

Tes yang antara lain dilakukan pereli seperti Rifat Sungkar, Subhan Aksa, Rizal Sungkar dan Akbar Hadianto tersebut menempuh waktu lebih dari 5 jam, dan dengan perhitungan berdasarkan Multi Information Display (MID), konsumsi BBM Mirage mampu menyentuh angka 27,0 km/ liter untuk transmisi otomatik. Untuk transmisi manual, konsumsi bahan bakar Mirage mampu menyentuh 25,2 km/ liter yang diuji oleh wartawan.

Pembalap nasional Rifat Sungkar mengatakan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam berkendaraan yang hemat bahan bakar, antara lain selalu jaga  kestabilan emosi dalam berkendara, menjaga putaran mesin pada kondisi RPM ideal (1500 – 2000),  menekan pedal gas di saat yang tepat, yaitu pada saat tanjakan serta melepasnya di kondisi turunan.
 
Selain itu, lanjut dia, setiap akan  menjalankan kendaraan, putaran mesin harus naik dengan perlahan, posisikan temperatur AC pada suhu yang tepat, karena penempatan pada kondisi temperatur AC terbawah  justru akan menambah kerja mesin.

Di samping itu, kata dia, posisikan sistem sirkulasi udara pada sistem masuk dan keluar. "Walaupun bau dari luar kendaraan dapat masuk, namun angin dari depan dapat menghambat laju karena tidak tersalur," katanya.

Mirage merupakan kendaraan perkotaan kecil  yang mengusung mesin 1.200 cc.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013