Jakarta (ANTARA) - Perang teknologi tidak hanya terjadi pada industri gawai dan elektronik lainnya, dalam industri otomotif hal itu juga terjadi, termasuk di pasar Indonesia jika menilik mobil-mobil terbaru yang meluncur belakangan ini.

Salah satu jenama otomotif asal China, Chery, yang membawa Omoda 5 masuk ke Indonesia pada awal tahun lalu, menghadirkan perubahan besar di tengah persaingan yang semakin ketat di industri ini.

Sebelum kembali masuk Indonesia pada 2022, Chery memang pernah mengibarkan "bendera putih" pada 2011 setelah tidak berhasil merebut simpati konsumen Indonesia sejak hadir pertama kali 2006.

Pada ajang pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 lalu, Chery membawa segenap senjata baru termasuk Tiggo Series yang menjadi andalan mereka.

Tidak berselang lama, Chery menghadirkan Omoda 5 dengan segudang fitur dan teknologi yang bisa dikatakan sangat lengkap. Hal itu membuat persaingan di segmen lima penumpang untuk kelas Sport Utility Vehicle (SUV) ini menjadi sangat menarik.

Baca juga: Chery janjikan bawa kendaraan ramah lingkungan di pameran GIIAS 2023

Pesaing terdekat dari Omoda 5 sejauh ini adalah Hyundai Creta dan juga HR-V. Namun, jika dilihat dari sisi harga, pesaing terdekatnya adalah Hyundai Creta. Hyundai Creta yang memiliki banyak varian ini memiliki harga tertinggi Rp408,3 juta untuk varian Prime IVT.

Sedangkan Omoda 5, di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp3,5 juta lebih murah. Untuk varian tertinggi Omoda 5, yakni RZ, dibanderol dengan harga Rp404.8 juta.

Meski memiliki harga yang cukup rendah dari Hyundai Creta, Omoda 5 ini menyajikan banyak keunggulan dari pesaing terdekatnya.

Tampilan luar dan dalam

Menyasar konsumen berusia 25 sampai dengan 45 tahun yang berpemikiran terbuka dan melek teknologi, Chery membuat Omdoa 5 sebagai kendaraan yang sangat menunjang gaya hidup para penggunanya.

Pada bagian luar, Omoda 5 terlihat sangat sporty dan agresif jika dibandingkan dengan kompetitornya. Desain grill yang terpasang pada mobil ini memberikan kesan mewah berkat penyematan ornamen berlian yang mereka sebut "One-piece diamond grille".

Mobil yang memiliki ukuran panjang 4.000 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm dan jarak sumbu roda 2.630 mm ini ditopang oleh velg berukuran 18 inci dengan ban berukuran 215/55 R18 yang semakin memberikan kesan gagah dan sporty.

Kesan mewah dan membanggakan juga disajikan berlanjut hingga bagian belakang, di mana mobil ini mempertontonkan desain futuristik yang elegan. Hal itu berkat hadirnya desain lampu yang terlihat pipih dan menyatu seakan menambah kesan yang lebar untuk kendaraan ini.

Omoda 5 sudah dibekali dengan penerangan yang menggunakan LED, seperti LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan Lampu belakang LED Dinamis X–Trough.

Baca juga: Chery pastikan Omoda BEV akan mejeng di pameran otomotif GIIAS

​​​​​​​
Omoda 5 tipe RZ. (ANTARA/Chairul Rohman)
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023