Depok, Jawa Barat (ANTARA News) - Ratusan pecinta mobil Volvo, Volvo Club of Indonesia (VCOI), berkumpul memperingati hari jadi ke-12 mereka. "Enjoy your Volvo, selamat bersenang-senang setelah 12 tahun kita bersama-sama dalam suka dan duka," kata Ketua VCOI, Achmad Rulantova, di Depok, Sabtu.

Dia mengatakan, pendirian VCOI pada 12 tahun lalu merupakan bentuk kerinduan para penggemar mobil buatan Swedia ini untuk saling berbagi. "Dari kumpul-kumpul beberapa orang, lalu berkembang menjadi sekarang, lebih dari 400 anggota," katanya.

Volvo dengan desainnya yang khas, katanya, telah menempati ruang khusus di hati penggemarnya. Generasi pecinta Volvo kini telah bergeser kepada anak muda dan usia menengah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada ulang tahun ke-12 VCOI itu, diresmikan juga pendirian cabang terbaru VCOI, Depok Chapter, yang dipimpin Maman. "Kami sangat mendukung pendirian cabang VCOI di Depok ini. Harapan kami, kehadiran penggemar Volvo di sini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat atas keselamatan berkendara," kata Wali Kota Depok, Nur Machmudi Ismail, yang juga hadir.

Dia bahkan menjadi penasehat VCOI Chapter Depok itu. Tidak kurang diluncurkan juga mobil balap VCOI, Volvo 144, yang dimodifikasi khusus untuk keperluan balap pacu di lintas sirkuit; selain memajang beberapa Volvo dalam keadaan orisinal, yaitu Volvo 740 GLE, 264 GL, dan 740 GLE Limousine berkursi enam.

Di luar ruang, berderet-deret ratusan Volvo yang dibawa penggemarnya, bahkan dari Semarang dan Malang, Jawa Timur. 

Perwakilan klub pecinta Volvo dari Malaysia, Jamez, yang diundang, menyatakan, "Kami terharu atas kekompakan sesama pecinta Volvo di Indonesia. Di Malaysia, pecinta Volvo juga mulai beralih ke generasi muda." Dia datang bersama tujuh temannya di Kuala Lumpur.

"Akan tetapi, di Malaysia ada yang berbeda. Seri-seri lama mulai langka, di antaranya seri 7. Di Indonesia masih banyak, maka kami harap ini bisa dilestarikan," katanya. (*)
Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013