Jakarta (ANTARA) - Sejumlah versi tertentu dari mobil listrik Mercedes-Benz EQS 2024 telah diatur untuk menerima peningkatan daya dan efisiensi energi sebagai bagian dari perubahan model dari tahun ke tahun.

Mengutip laman Drive.com.au pada Sabtu (13/5), peningkatan kinerja dicapai melalui pembaruan pada daya elektronik sedan EQS.

Diler Mercedes-Benz di Eropa juga telah diinformasikan terkait kemampuan untuk melepaskan motor listrik depan sehingga meningkatkan jangkauan mengemudi yang diklaim pada versi all-wheel-drive (AWD).

Perubahan tersebut mempengaruhi varian EQS tunggal yang dijual di Australia, Mercedes-AMG EQS53 4Matic+ all-wheel-drive, serta model standar Mercedes-Benz EQS450 4Matic yang akan dirilis di showrooms setempat pada Juli ini.

Seorang juru bicara Mercedes-Benz Australia mengatakan bahwa perusahaan "tidak ada yang baru untuk diumumkan untuk pasar kami" untuk AMG EQS53, dan bahwa "harga akhir dan spesifikasi untuk EQS450 4Matic" belum diumumkan.

Baca juga: Mercedez-EQ boyong dua EV premium EQS dan EQE ke Indonesia

Sementara di Eropa, perubahan daya elektronika telah membuka tambahan 20 kW di penggerak roda belakang EQS450+ dan penggerak semua roda EQS450 4Matic mencapai ke 285 kW, dari 265 kW saat ini, dan 15 kW di EQS580 4Matic, untuk total 415 kW (dari 400 kW).

Mercedes-Benz juga telah melengkapi sedan EQS dengan unit pemutus, yang memungkinkan motor listrik depan dilepas pada versi penggerak semua roda di bawah beban pedal akselerator, sehingga meningkatkan efisiensi dan penghematan energi saat berkendara.

Diperkenalkan pada SUV EQE yang lebih kecil, unit baru ini memungkinkan peningkatan 23 kilometer dalam jangkauan mengemudi WLTP yang diklaim untuk EQS450 4Matic, yang telah direvisi dari antara 580 kilometer dan 696 kilometer, menjadi antara 589 kilometer dan 719 kilometer.

Peningkatan jangkauan yang serupa disebut-sebut untuk sedan EQS500 4Matic, yang sekarang juga dinilai antara 489 kilometer dan 719 kilometer.

Jangkauan berkendara yang diklaim dari EQS580 4Matic telah meningkat 25 kilometer, dari 581-692 kilometer sebelumnya, menjadi antara 589 kilometer dan 717 kilometer, menurut angka awal yang dirilis oleh Mercedes-Benz ke jaringan dealer di Jerman.

Baca juga: Mercedes-Benz luncurkan model SUV listrik EQS

Drive juga telah diberitahu bahwa AMG EQS53 4Matic+ telah memperoleh jangkauan tambahan 3 kilometer dengan angka jangkauan WLTP yang baru disertifikasi dari 513 kilometer hingga 571 kilometer.

Adapun semua model sedan EQS dengan penggerak semua roda menggunakan baterai 107,8kWh. Unit pemutus motor depan  juga akan diadopsi oleh sedan EQE yang dijual di Australia sekarang dan SUV EQS dalam beberapa bulan mendatang. Sedangkan, di Eropa pada akhir 2023 untuk memberi penghematan energi yang serupa.

Pembaruan lebih lanjut dibawa ke sedan EQS termasuk heat pump unit sebagai pengganti kompresor udara sebelumnya.

Meskipun tidak membawa perubahan apa pun dalam angka jangkauan berkendara resmi, Mercedes-Benz mengklaim kebutuhan energi yang lebih rendah dan efisiensi yang lebih besar mengarah pada peningkatan efisiensi dan jangkauan mengemudi secara nyata.

Perubahan lebih lanjut pada sedan EQS termasuk trim dasbor baru dan opsi warna cat. AMG EQS53 4Matic+ juga diatur untuk menerima pengisi daya on-board 22kW sebagai peralatan standar di Eropa sebagai pengganti pengisi daya 11kW yang ditawarkan hari ini.

Baca juga: Mercedes-Benz EQS punya sistem roda kemudi belakang hingga 10 drajat

Baca juga: Mercedes-Benz mulai produksi EQS di pabrik 56

Baca juga: Sedan listrik mewah Mercedes-EQ sudah bisa dipesan

Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023