Jakarta (ANTARA) -
Swedia dikabarkan sedang membangun jalan listrik permanen pertama di dunia yang akan mengisi daya kendaraan listrik saat tengah melaju.
 
Dikutip dari laman Electrek pada Sabtu (13/5), negara ini telah mengoperasikan empat jalan listrik sementara, termasuk di kota Lund, di Swedia bagian Selatan.
 
Namun demikian, ruas jalan sepanjang 21 km (13 mil) ini direncanakan akan dijadikan permanen.
 
Jalan listrik sedang dibangun oleh Swedish transport administration yakni Trafikverket, di mana saat ini sedang bekerja untuk mendapatkan kontraktor untuk proyek tersebut.
 
Trafikverket belum memilih teknologi pengisian dayanya untuk proyek terobosan tersebut, tetapi desain dan konstruksi diharapkan selesai pada tahun 2025, dan akan digunakan segera sesudahnya.

Baca juga: Michelin komitmen kembangkan ban kendaraan listrik ramah lingkungan
 
Trafikverket sedang mempertimbangkan beberapa opsi seperti saluran listrik overhead yang digunakan pada trem, rel listrik di permukaan jalan yang mentransmisikan energi ke EV melalui pikap konduktif di bawah kendaraan, atau kumparan induktif tertanam di jalan yang mentransfer daya ke kendaraan.
 
Jalan raya listrik akan berada di jalan E20, antara Hallsberg dan Örebro. Jalan tol membentang antara Stockholm di Utara, melalui Gothenburg, dan Malmö di selatan.
 
Daerah itu sengaja dipilih karena merupakan koridor lalu lintas yang sibuk untuk transportasi barang komersial, sekaligus memiliki catu daya yang dibutuhkan.

Baca juga: NIO luncurkan pengisi daya cepat, bisa isi EV 80 persen dalam 12 menit
 
Universitas Teknologi Chalmers Swedia merilis sebuah studi pada bulan Maret yang menunjukkan bahwa kombinasi jalan listrik sebesar 25 persen di jalan nasional dan Eropa tersibuk serta pengisian daya EV di rumah akan optimal untuk transisi ke kendaraan listrik sepenuhnya.
 
Para peneliti berpendapat bahwa jika itu diwujudkan maka baterai EV dapat dibuat secara signifikan lebih kecil, hingga hanya sepertiga dari ukuran saat ini.

Baca juga: DFSK ingin kembangkan dan lengkapi lini kendaraan listrik di Indonesia
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023