Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal China, Chery memperkenalkan beberapa varian terbaru dari masing-masing sub merek mereka yakni, iCar GT, Sterra ET SUV dan juga sedan listrik Sterra ES.

Arena Ev pada Senin mengabarkan bahwa iCar yang sejak awal memproduksi kendaraan-kendaraan city car telah membuka baju baru mereka dengan diposisikan sebagai penghasil kendaraan mewah yang sepenuhnya independen dari Chery.

Merek iCar akan menawarkan dua kendaraan dan yang pertama adalah iCar GT. Perusahaan hanya menyajikan sketsa desain mobil dengan aslinya yang akan diresmikan pada 18 April di Shanghai Auto Show.

Baca juga: Chery global pastikan Indonesia akan jadi basis produksi setir kanan

Mobil kedua ini akan menjadi mobil SUV hard-core bernama S56 dan akan diperkenalkan pertama kali ke publik dua hari sebelum iCar GT. Banyak dari penggemarnya sudah tidak sabar untuk mengetahui lebih lanjut tentang kedua kendaraan tersebut.

Pembuat mobil China yang gemar mengelompokkan mobil mereka ke dalam keluarga atau seri, juga dilakukan oleh Chery dengan menciptakan merek baru bernama Exeed yang sudah memiliki beberapa kendaraan di pasaran.

Merek tersebut kembali berfokus pada kendaraan mewah tetapi tidak menawarkan mobil listrik.

Untuk memperbaikinya, Chery mengumumkan sub-merek baru dari Exeed - Sterra. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, perusahaan meluncurkan dua mobil listrik siap produksi dengan beberapa spesifikasi serius.

Kedua EV tersebut akan dibangun di atas platform EV 800V yang disebut E0X dan keduanya telah diberi peringkat jangkauan 700 km oleh CLTC.

Sterra ES adalah sedan listrik, dengan panjang 4,95 meter sudah jelas membuktikan bahwa sedan ini bukan mobil kecil dan jarak sumbu roda dari sedan ini adalah 2,9 meter membuatnya sama dengan Tesla Model S.

Meski begitu, perusahaan tidak mengungkapkan detail teknisnya tetapi perusahaan mengklaim bahwa mobil tersebut dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3 detik.

Sedangkan untuk Sterra ET SUV, mobil ini menggunakan platform yang sama dengan saudara sedannya dan memiliki dimensi yang serupa. Powertrainnya yang dihasilkan kemungkinan akan sama. Meski begitu, dengan bobot kendaraan yang lebih besar, mobil ini diperkirakan akan sedikit lebih lambat.

Shanghai Auto Show tahun ini terlihat sangat sibuk, ada banyak sekali peluncuran perdana, setiap merek EV utama telah menyiapkan pengumuman dan ada puluhan model baru yang akan diluncurkan.

Baca juga: Chery janjikan bawa kendaraan ramah lingkungan di pameran GIIAS 2023

Baca juga: Off-road SUV Chery TJ-1 terpantau di China

Baca juga: Chery Omoda 5 dibanderol mulai dari Rp329 jutaan
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023