Jakarta (ANTARA News) - Setelah membeli Volvo, Geely tertarik membeli Aston Martin sekaligus meramaikan persaingan dengan Toyota yang terlebih dahulu menaksir mobil sport asar Inggris itu.

Ford membeli Aston Martin pada 1987 dan menjualnya ke sebuah perusahaan Investment Dar Inc di Kuwait, senilai 925 juta dolar AS pada 2007.

Saat ini Investment Dar Inc berencana mengatur kembali utang mereka dengan menjual 64 persen saham Aston Martin senilai 800 juta dolar AS. Kesepakatan itu menarik perhatian Geely dan Toyota.

Akhir November lalu, sebuah perusahaan ekuitas swasta Investindustrial berbasis di Eropa telah menawar sekitar 401 juta dolar AS tetapi perusahaan India Mahindra & Mahindra menyalipnya dengan penawaran lebih tinggi.

Eh, Mahindra malah mengundurkan diri karena kondisi keuangan Aston Martin yang bermasalah dan mungkin Investasmen Dar mendukung proses rehabilitasi, demikian inautonews.

Menurut sumber, Toyota telah menggelar beberapa pertemuan dengan Aston Martin dalam beberapa minggu terakhir. Tak mau kalah, Geely berencana melancarkan strategi sama ketika membeli Volvo, salah satunya dengan mencari dukungan pemerintah.

Geely membeli Volvo dengan 300 juta dolar AS. (adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2012