Jakarta (ANTARA) - Untuk menyambut musim mudik Lebaran 2023, Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO SAN) meluncurkan 10 unit bus terbarunya buatan Mercedes-Benz, yakni seri OH 1526.

Selain untuk menyambut angkutan Idul Fitri 1444 Hijriah, peluncuran itu juga untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-33 PO SAN.

"Kami bersyukur, di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan, PO SAN dapat terus mewujudkan komitmennya sebagai perusahaan oto bus yang terus menjawab kebutuhan masyarakat akan angkutan darat yang aman dan nyaman," kata Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan (Sani) dalam peluncuran armada baru itu di gedung PT Citrakarya Pranata (CKP) Bandung, Selasa.

Kehadiran 10 bus terbaru ini melanjutkan kehadiran 6 bus baru lainnya pada 2022. Sepuluh bus baru Mercedes Benz OH 1526 ini akan digunakan untuk melayani rute Dumai – Solo (lintas Timur Sumatra – full Tol Trans Jawa) di kelas AC bisnis sebagai bentuk peremajaan unit-unit lama yang sudah paripurna.

"PO SAN menyadari betul bagaimana masukan dan kritik dari para penumpang setianya dapat mendorong perubahan yang positif. Sehingga, kami sangat menghargai segala bentuk masukan yang terstruktur kepada manajemen PT SAN Putra Sejahtera," jelas Sani.

Baca juga: PO SAN pakai empat Jet Bus 3+ Voyager buatan karoseri Adiputro

Guna mendukung inovasinya dalam pelayanan kepada penumpang, PO SAN terus bekerjasama dengan perusahaan karoseri Adi Putro (Malang) dan Laksana (Semarang), pendingin SongZ, sistem telematika TransTrack.ID, bangku AMG (Malang), dan pihak pembiayaan Bank Syariah Indonesia.

Chassis bus Mercedes Benz OH 1526 ini didukung PT Citrakarya Pranata (CKP) Bandung, yang merupakan perusahaan jasa di bidang penjualan dan purna jual kendaraan Mercedes Benz termasuk chassis dan truk.

Agustinus Hariyadi, Presiden Direktur PT CKP, diler resmi kendaraan komersial Mercedes-Benz, mengatakan Mercedes-Benz OH 1526 memiliki daya tahan terbaik di kelas Mercedes-Benz dengan biaya perawatan yang ekonomis serta konsumsi bahan bakar solar lebih irit.

Mercedes Benz OH 1526 juga dilengkapi engine management system baru yakni pengaturan daya dan torsi yang sudah ditingkatkan. Daya maksimumnya adalah 194 kW (260 HP) pada 2.200 rpm. Torsinya besar yakni maksimumnya 950 Nm yang bisa dicapai pada 1.200-1.600 rpm.

Chassis Mercedes-Benz OH 1526 bertipe ladder frame yang memang sudah dikenal kuat dan lentur. Untuk kaki-kakinya masih menggunakan per daun di keempat rodanya, hanya saja sudah disesuaikan dengan menambahkan stabilizer dan shock absorbser sehingga bus tetap stabil ketika harus menikung di jalan.

Agustinus Hariyadi menambahkan CKP memiliki keunggulan dalam hal penyediaan chassis karena pelayanan after sales-nya. CKP menjual unit bukan hanya pada saat customer membayar, akan tetapi hingga customer sudah mengoperasikan unit-unit yang dibeli.

Wakil Direktur PO SAN Kurnia Lesari Adnan (Sari) mengatakan PO SAN akan terus meningkatkan layanan optimal bagi pengguna. Selain mendatangkan bus terbaru dengan teknologi terkini, juga menyediakan platform pemesanan tiket Buzzit yang memudahkan penumpang.

“Aplikasi Buzzit memberikan efisiensi bagi PO SAN dalam penerapan penjualan tiket karena bekerjasama dengan berbagai Online Travel Agent (OTA) juga. Sejak 20 Februari 2023, SAN telah membuka penjualan tiket untuk angkutan Hari Raya Idul Fitri bagi penumpang yang akan mudik ke Sumatra dari Jawa dan sebaliknya," kata Sari.

Baca juga: PO SAN luncurkan empat bus anyar, layani rute Pekanbaru-Blitar

Baca juga: PO SAN beri penanganan terbaik bagi korban kecelakaan bus di Lampung

Baca juga: Kemenhub kampanye gerakan nasional kembali ke angkutan umum
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023