Jakarta (ANTARA) - Presiden Meksiko, Manuel López Obrador, mengumumkan bahwa Tesla akan segera membangun pabrik Gigafactory mereka di Monterrey, Meksiko utara.

Arena EV pada Selasa, mengabarkan bahwa pengumuman tersebut membuat Elon Musk menjadi gelisah. Hal itu dikarenakan pengumuman tersebut dijadwalkan akan disampaikan langsung oleh Musk pada Hari Investor beberapa hari mendatang.

Meski begitu, pengumuman yang disampaikan oleh Manuel López Obrador, bertentangan dengan pidatonya beberapa waktu yang lalu. Dia menyebutkan bahwa tidak ada cara bagi Tesla untuk membawa manufakturnya ke negara bagian Nuevo Leon di Meksiko utara karena wilayah tersebut dalam keadaan krisis air. 

Baca juga: Harga lithium turun, CATL tawarkan diskon baterai untuk Tesla dan VW

Manuel López Obrador juga menegaskan secara eksplisit ke penduduk setempat bahwa tidak ada pabrik yang "haus air" yang akan diizinkan berdiri di negara bagian itu.

Terlepas dari itu semua, tawaran yang dilayangkan melalui pesawat telepon, membuat keputusan tersebut berubah. Elon Musk, menurut Presiden Obrador, meyakinkan pabrik hanya akan menggunakan air daur ulang dan menawarkan bantuan yang dirahasiakan dalam mengatasi masalah air. 

Baca juga: Tesla dan Elon Musk digugat pemegang saham atas keamanan autopilot

Saat ini, pemerintah Meksiko telah membangun jaringan pipa baru untuk mengalirkan air langsung dari bendungan yang berjarak 100 km (60 mil) yang akan mencegah terulangnya musim panas lalu ketika rumah-rumah di daerah tersebut tidak memiliki air selama berminggu-minggu.

Gigafactory yang berada di Meksiko ini, nantinya akan memproduksi Tesla Model 2. Hal itu seperti yang ramai dirumorkan belakangan ini mengenai produksi dari Gigafactory tersebut.

Diperkirakan Tesla akan menginvestasikan dana sebesar 10 miliar dolar AS untuk Gigafactory mereka di Monterrey yang menjadi pabrik ketiganya di luar AS.

Monterrey hanya berjarak 383 mil dari Giga Texas, dengan begitu akomodasi untuk logistik menjadi sangat mudah. Pemerintah Meksiko telah mengonfirmasi akan mencocokkan insentif apa pun yang ditawarkan kepada Tesla di AS untuk membangun pabrik EV.

Baca juga: Pemilik EV di Australia diizinkan gunakan Supercharger milik Tesla
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023