Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan komitmen dalam mendukung pengembangan industri otomotif dan produk aftermarket di Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangan pers, Jumat, mengatakan dukungan pemerintah dibuktikan dengan memfasilitasi kegiatan OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2023 seri pertama, yang akan melakukan pameran di Osaka Automesse (OAM) 2023 di Jepang, pada 10-12 Februari 2023 mendatang.

"OLX Autos IMX 2023 menjadi wadah kegiatan yang beririsan dengan sub sektor desain produk di Kemenparekraf, yang tentunya diharapkan dapat membuka peluang industri kreatif Indonesia dalam melakukan akselerasi," kata Sandiaga.

Sandi menyampaikan, kolaborasi OLX Autos IMX 2023 dan pameran modifikasi Osaka Automesse dinilai dapat memperluas target pasar para pelaku industri modifikasi dan aftermarket sebagai bagian dari industri kreatif di Indonesia.

Kegiatan pameran para seniman, modifikator dan produsen otomotif aftermarket seperti itu menurut Menparekraf dapat memicu pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia, peningkatan ekspor dan membuka lebih banyak lapangan kerja baru.
Sejumlah produk aftermarket dan otomotif karya anak bangsa yang akan dipamerkan Osaka Automesse (OAM) Jepang 2023, saat jumpa pers OLX Autos IMX 2023 di Jakarta, Jumat (3/2/2023). (ANTARA/Adimas Raditya)

Sekretaris Jenderal Osaka Automesse Management Yoshizaka mengatakan banyaknya kendaraan asal Jepang yang hadir di Indonesia dapat berpengaruh terhadap hadirnya produk aftermarket lokal dari Indonesia atau sebaliknya.

“Kolaborasi mendatangkan prospek pasar yang baik untuk industri aftermarket di mana kita dapat terus bersinergi untuk bertukar ilmu, produk, dan informasi,” ujar Yoshizaka.

Menurut dia, industri aftermarket dan modifikasi di Indonesia akan terus berkembang seiring tingginya permintaan personalisasi dan kustomisasi kendaraan dari para penggemar mobil.

Pasar suku cadang aftermarket akan semakin bertambah seiring dengan peningkatan produk yang memenuhi kebutuhan bagi konsumen, seperti peningkatan suku cadang impor meliputi velg dan knalpot aluminium kualitas Jepang.

Kerjasama OLX Autos IMX 2023 bersama OAM 2023 turut mengajak para produsen atau merk aftermarket dan gaya hidup lokal Indonesia untuk berpameran selama acara OAM 2023 berlangsung.

Gelaran OAM 2023 merupakan sarana untuk berkumpulnya komunitas otomotif di Osaka, acara itu dikemas sebagai wisata hiburan dengan turut menghadirkan sejumlah penampilan artis, panggung pertunjukan, mobil modifikasi dan komunitas otomotif Jepang.

Baca juga: Produk "aftermarket" otomotif Indonesia siap pameran di Jepang

Baca juga: Sandiaga dukung tim Indonesia perkenalkan produk otomotif di IMX 2023


 
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023