Jakarta (ANTARA) - PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) resmi menjalin kerja sama dengan pihak Bus Trans Koetaradja untuk menciptakan ekosistem keselamatan berkendara melalui perangkat telematika berbasis Internet of Things (IoT) dan teknologi AI (TAM Fleet).

"PT TKDN menyediakan alat-alat IoT TKDN Advance Mobility (TAM Fleet) yang terpasang di unit Trans Koetaradja (Trans Campus) yang berfungsi sebagai sensor serta pengawasan pengemudi dan terbukti meningkatkan keselamatan armada," kata Presiden Direktur PT TKDN, David Santoso dalam keterangan resminya, Rabu

Perangkat yang dipasangkan pada tujuh unit armada milik Bus Trans Koetaradja ini nantinya memang akan dapat mengawasi pengemudi serta keselamatan penumpang yang ada di dalamnya.

Baca juga: Perum PPD jalin kerja sama keselamatan berkendara dengan PT TKDN

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Aceh T Faisal mengatakan bahwa sejumlah tujuh unit Trans Koetaradja sudah tersedia dengan perangkat telematik dan khusus dua unit akan beroperasi di dalam kawasan kampus, yaitu USK dan UIN Ar-Raniry.

"Dengan tagline yang ada pada Bus "Semangat Melayani!", UPTD Angkutan Massal ingin agar masyarakat khususnya mahasiswa untuk menggunakan dan membiasakan naik transportasi publik," kata T Faisal.

Pada kesempatan ini, pihak dari PT TKDN menyuplai beberapa produk IoT seperti MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Indicator R-Watch, Touch Panel yang terbukti meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas, APC penghitung penumpang dan pemasang LED.

Saat ini, layanan Trans Koetaradja (Trans Campus) resmi beroperasi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.05 WIB. Para pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar ketika menggunakan transportasi umum ini.

Sebagai informasi tambahan, peluncuran Trans Koetaradja yang mendukung transportasi publik di kawasan kampus atau "Trans Campus" ini diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universita Islam Negeri Ar - Raniry dihadiri oleh Presiden Direktur TKDN, David Santoso, T Faisal, ST., MT., Kepala Dinas Perhubungan Aceh, M. Hanung Kuncoro, S.SiT, MT.,

Lalu hadir juga Kepala UPTD Angkutan Masal Koetaradja, Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi., M. Eng., IPU, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Universitas Syiah Kuala, dan Prof. Dr. Saifullah, S.Ag, M.Ag sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry beserta pejabat struktural Dishub Aceh.

Baca juga: PT TKDN kerja sama IoT keselamatan bus dengan karoseri Indonesia

Baca juga: PT TKDN & New Armada kolaborasi kenalkan fitur keselamatan TAM Fleet

Baca juga: PT TKDN bersama dengan DTKJ kenalkan teknologi anti kecelakaan
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023