Jakarta (ANTARA) - Volkswagen resmi memperkenalkan sedan listrik pintar terbarunya, ID 7 EV dalam pameran teknologi terbesar di dunia, Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas.

Tak hanya mencuri perhatian melalui ledakan warna berlapis dari cat electroluminescent kuning, oranye, merah dan biru yang menyala sesuai perintah (command) pengemudi, VW ID 7 EV juga membawa beberapa fitur dan perubahan dari model-model ID sebelumnya.

Berdasarkan laporan TechCrunch, Rabu, VW diketahui sedang mencoba untuk meningkatkan perangkat lunak dan permainan desain antarmuka (interface) manusia-mesin dengan pendekatan yang lebih baik.

Sedan ID 7, yang sebelumnya ditampilkan sebagai kendaraan konsep di China dengan nama ID Aero, adalah salah satu dari 10 model listrik baru yang akan diproduksi pada tahun 2026, menurut CEO Passenger Cars Volkswagen Thomas Schäfer.

EV ini rencananya akan diluncurkan di China, Eropa, dan Amerika Utara.

Baca juga: VW "recall" Atlas dan Atlas Cross Sport 2022 karena masalah baut

Adapun ID 7 memang memiliki beberapa perubahan dan fitur yang menonjol, dimulai dengan antarmuka baru pada sistem infotainment mobil. Layar tengah lebih besar 15 inci, dengan pengguna bisa mengakses dan berinteraksi dengan berbagai fungsi yang terletak di layar dengan lebih menyenangkan.

Selain itu, VW juga telah mengadopsi sistem pendingin udara baru yang menggunakan ventilasi udara yang dikontrol secara digital. Ini memungkinkan pengguna dapat mengakses kontrol suara atau layar sentuh pusat untuk mengubah arah aliran udara.

Volkswagen juga mencoba meningkatkan fungsi perintah (command) pada mobil. Perusahaan mengatakan pengguna akan dapat memberikan isyarat verbal tertentu, seperti "Halo Volkswagen, tangan saya dingin!", dan sistem akan merespons dengan memulai fungsi pemanas dan mengarahkan udara hangat ke tangan pengemudi.

Penambahan dan perubahan lain yang ditampilkan di ID 7 mencakup tampilan head-up augmented reality (AR) dan panel sentuh yang menyala di bagian bawah layar sentuh.

Desain eksteriornya sesuai dengan portofolio kendaraan listrik VW saat ini. Sedan tersebut memiliki bagian depan yang aerodinamis dan atap yang memiliki kemiringan seperti coupe ke belakang.

Desainnya dirancang untuk membantu mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan jangkauan berkendara.

Adapun kisaran perkiraan jarak tempuh (di bawah siklus ELTP Eropa) sekitar 700 kilometer, atau sekitar 434 mil.

Baca juga: VW tarik kembali lima unit VW Golf R 2016 karena masalah wiper

Baca juga: VW rayakan 500 ribu pengiriman model ID ke seluruh dunia

Baca juga: SAIC Volkswagen hentikan produksi mobil transmisi manual mulai 2023
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023