Madiun (ANTARA News) - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Madiun, Jawa Timur, berhasil merakit dua unit kendaraan jenis mini truk bertipe Esemka 1.5i berkapasitas mesin 1.500 cc.

Kepala SMK Negeri 1 Kota Madiun, Sigit Dewantoro, Sabtu, mengatakan bahwa program perakitan ini merupakan bagian dari program pembelajaran untuk perakitan yang dicanangkan Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Program perakitan ini sama dengan program yang dilakukan oleh SMK lain di berbagai daerah di Indonesia.

"Beberapa SMK di Jawa Timur memang kebagian suku cadang untuk mini truk, sedangkan SMK di Jawa Tengah kebagian suku cadang mobil "Sport Utility Vehicle" (SUV). Selain itu, SMK di Jateng juga lebih dulu menerima suku cadang, sementara kami baru menerimanya akhir Desember 2011," ujar Sigit.

Menurut dia, perakitan mini truk dilakukan dengan melibatkan semua siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di bawah bimbingan guru. Jumlahnya ada 96 anak dari tiga kelas yang dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian siswa bergantian menyusun sesuai jatah jam pelajarannya.

Kendaraan mini truk itu rencananya diuji di jalanan Kota Madiun dalam waktu dekat, karena saat ini masih mengurus surat izin dan pemberitahuan ke pihak kepolisian.

"Untuk sementara, uji coba masih dilakukan di halaman sekolah. Nanti setelah itu akan dicoba di jalan agar kita tahu kualitas rakitan para siswa yang sebenarnya," tambah Sigit.

Salah satu siswa SMK Negeri 1 yang menjadi anggota tim perakit, Fredy Ahmad, mengatakan bahwa secara umum tidak mengalami kendala yang berarti selama merakit kendaraan mini truk tersebut.

"Dalam waktu empat hari, satu mini truk berhasil diselesaikan dan empat hari kemudian satu lagi mini truk juga dirampungkan. Semuanya bisa tersusun dengan rapi dan bisa menyala dengan baik," katanya.

Mini truk tipe Esemka 1.5i ini bermesin 1500 cc dengan sistem pembakaran injeksi atau "Injection Control Unit" (ICU) dan semua suku cadangnya didatangkan dari China.

Setelah diuji coba, kendaraan tersebut akan dibongkar lagi untuk dirakit oleh siswa kelas di bawahnya atau adik kelas. Selain itu, pada tahun 2012, SMK Negeri 1 Kota Madiun akan mendapat kiriman suku cadang mobil jenis SUV seperti yang dirakit SMK 2 Solo, untuk pembelajaran.
(T.KR-SAS/D010)
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012