Magelang (ANTARA News) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin meluncurkan mobil karya para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis.

Din mencoba mobil Esemka Sang Surya Rajawali warna putih. berkeliling di jalan raya seputar Kecamatan Borobudur dan Mungkid.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Yitno, mengatakan, pada peluncuran mobil Esemka Sang Surya tersebut dipamerkan delapan mobil hasil karya para siswa, antara lain mobil ambulans, mobil usaha, SUV Esemka, dan mini truk.

Ia mengatakan, dari sejumlah mobil tersebut ada yang berupa karya karoseri, mengubah bentuk, tetapi ada yang membuat dari komponen bodi termasuk pembuatan chasis.

"Pembuatan mini truk 90 persen dari bahan lokal, termasuk untuk chasis kami membuat sendiri secara manual dengan pendampingan dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)," katanya.

Yitno mengatakan, SMK Muhammadiyah 2 Borobudur merupakan salah satu dari 32 SMK di Tanah Air yang dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mulai membuat mobil nasional (mobnas).

"Saat ini kami sedang menyelesaikan bus panggung, yang baru pertama dan satu-satunya bus panggung di Indonesia pesanan dari sekolah seni," katanya.

Pada peluncuran mobil tersebut, SMK Muhammadiyah 2 Borobudur mendapat pesanan puluhan mobil dari para rektor dan kepala rumah sakit Muhammadiyah, antara lain Universitas Purworejo memesan 10 unit mobil, Universitas Muhammadiyah Jember memesan 5 unit mobil, STIE Ahmad Dahlan memesan tiga unit mobil, PKU Surakarta dan PKU Yogyakarta masing-masing memesan satu unit mobil ambulans.
(H018)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012