Santa Rosa (ANTARA News) - Kematian pereli Argentina, Jorge Martinez Boero, membayangi hari pertama Reli Dakar pada hari Minggu. Pereli Rusia, Leonid Novitzkiy, memimpin untuk kategori mobil  dan pereli Chile, Francisco Lopez, untuk kategori sepeda motor.

Boero (38), yang berpartisipasi untuk kedua kalinya dalam reli  tersebut menderita serangan jantung setelah terjatuh dari sepeda motornya pada dua kilometer sebelum akhir etape di antara Mar del Plata dan Santa Rosa di de la Pampa, bagian Barat Argentina.

"Pereli itu menderita serangan jantung setelah terjatuh dan mendapat tindakan lima menit setelah insiden dari staf medis yang tiba di lokasi kecelakaan dengan helikopter," kata panitia.

"Meski telah melakukan upaya terbaik, para dokter tidak dapat menyelamatkannya. Dia n meninggal saat dibawa ke rumah sakit."

Boero adalah anak dari juara balap Argentina, yang memiliki nama sama .Ia pertama kali mengikuti Reli Dakar pada tahun lalu tapi harus berhenti akibat terjatuh ke jurang pada etape enam serta harus menunggu delapan jam sebelum diselamatkan.

Boero adalah peserta ke-21 yang meninggal pada Reli Dakar, yang telah diselenggarakan 29 kali di Afrika, sebelum pindah ke Amerika Selatan pada 2009.

Secara keseluruhan, 59 orang telah meninggal sepanjang sejarah reli ini, termasuk 20 penonton.
(H-RF)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012