Padang (ANTARA News) - Dalam waktu lima hari sejak diluncurkan pada 9 November, permintaan Toyota All New Avanza dan Veloz telah menembus angka 14 ribu unit.

"Sampai 14 November, permintaan All New Avanza dan Veloz telah menembus angka 14 ribu unit," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto di sela-sela uji mengendarai All New Avanza, di Padang, Sumatera Barat, Minggu.

Ia mengatakan, sekitar 30-40 persen permintaan mobil yang diproduksi di dalam negeri tersebut adalah seri 1.3 G dan permintaan Veloz menduduki posisi kedua yaitu sebesar 25 persen.

Ia mengaku, permintaan Veloz yang cukup besar saat ini belum menunjukkan pasar yang sesungguhnya, karena biasanya konsumen hanya tertarik dengan produk baru.

"Uji pasar yang sesungguhnya baru enam bulan ke depan, apakah Veloz memang masih diminati masyarakat," katanya.

"Ke depan kami juga mencoba mengarahkan segmen Avanza untuk mahasiswa dan kalangan muda yang membutuhkan mobil dengan tujuh penumpang, untuk beraktivitas dengan teman-teman," kata Joko.

Ia melihat potensi permintaan Avanza ke depan akan semakin tinggi dengan munculnya variasi baru dalam jajaran All New Avanza, antara lain seri 1.3 E matik dan manual, seri 1.3 G matik dan manual, 1.5 G matik, serta Veloz 1.5 matik dan manual.

General Manager Perencanaan Pemasaran TAM, Widyawati Soedigdo, menyebutkan  pembelian mobil tersebut harus mengalami inden (masa tunggu pengiriman) sekitar tiga bulan.

"Kalau beli sekarang kemungkinan Januari atau Februari baru menerima mobil tersebut," ujarnya. All New Avanza dan Veloz dibandrol dengan harga antara Rp148 juta sampai Rp180,4 juta per unit.
(.R016)

(T.R016/B/I006/I006) 20-11-2011 19:36:13
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011