Jakarta (ANTARA) - Chery, perusahaan otomotif global asal China kembali hadir di Indonesia melalui ajang IIMS 2022 dengan mengenalkan lima produk antara lain Tiggo 8 Pro, Tiggo 7 Pro, Skytour, OMODA 5 serta EQ1.

Salah satu mobil yang menonjol dalam jajaran produk Chery di IIMS 2022 adalah Omoda 5, sebuah sport utility vehicle (SUV) crossover bergaya futuristik, sporty, dan mencerminkan nuansa metropolitan. Sebagai SUV kelas premium, Omoda 5 adalah model global pertama Chery yang menggunakan konsep desain baru, SUV Crossover.

Baca juga: Chery jadikan IIMS 2022 momentum debut kembali di Indonesia

"Tim kami di Chery International telah mengembangkan Omoda 5 melalui berbagai riset yang mendalam untuk memastikan tipe ini dapat direalisasikan dengan standar dan platform global yang terpadu," kata Tao Yong, President Director PT Chery Motor Indonesia dalam siaran pers, Kamis.

"Melalui Omoda 5 kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan pasar usia 25-30 tahun yang tumbuh dalam era globalisasi, sehingga tahap-tahap yang kami jalani dalam membangun Omoda 5 juga merupakan pencapaian tersendiri dalam inovasi teknologi kami,” jelas Tao Yong.

Desain sporty dan futuristik

Sejak debut globalnya di Guangzhou Auto Show 2021, Omoda 5 menerima respon luar biasa, baik di pasar otomotif China maupun di luar negeri. Desainnya yang sporty dan futuristik terlihat dari motif grille depan berbentuk kisi-kisi bintang yang terintegrasi dan velg model Sport berukuran 18 Inci.

Baca juga: Chery konfirmasi kehadiran dua model Tiggo Pro di IIMS 2022

Pencahayaan Omoda 5 menggunakan Lampu LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan lampu belakang LED Dinamis X–Trough yang mempertegas desain secara keseluruhan. Adanya lekukan garis pada Omoda 5 yang fleksibel namun tegas membuat kesan sporty menjadi begitu khas.

Pada bagian kabin, Omoda 5 hadir dengan teknologi terkini dan tampilan visual yang estetis dan ergonomis, tampak pada lampu ambient LED 64 warna yang terhubung dengan mode mengemudi dan irama musik, menghadirkan suasana berkendara yang seru dan berbeda.

Dilengkapi dengan fitur canggih seperti Automatic Driving, Chery Omoda 5 saat ini adalah salah satu tipe Chery yang memiliki teknologi terdepan yang dirancang untuk kebutuhan pengguna muda di seluruh dunia.

Fitur yang dimiliki Omoda 5 semakin lengkap adanya dengan sistem electronic power steering (EPS), sistem electronic parking (EPB) + AUTOHOLD), lane keeping system (LDP), traffic signal recognition system (TSR), adaptive cruise system (ACC), cruise assist terintegrasi, dan sistem lainnya, yang membuat pemilik mobil merasa dimudahkan dalam perjalanan.

Kelir two tone juga membuat varian Omoda 5 semakin terlihat dinamis dan berkarakter. Selain itu terdapat lima pilihan warna menarik yang melapisi badan Omoda 5, yaitu Spirit Silver, Late Night Blue, Mirage Green, Force Field Gray, Ether Black, Space-time Blue, dan Khaki White untuk memenuhi selera tiap-tiap konsumen. Kombinasi two tone ini juga menjadi pembeda dengan model Chery lainnya.

Baca juga: Chery Tiggo segera masuk ke pasar Indonesia

Konfigurasi teknologi

Chery Omoda 5 mengembangkan dua konfigurasi dalam hal tenaga mesin, termasuk kombinasi daya 1.5T+CVT25 dan 1.6T+7DCT, yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 145kW dan torsi maksimum 290Nm, yang memiliki keunggulan nyata dalam kelas SUV Crossover.

Mobil itu dilengkapi kemudi berbahan kulit multifungsi berbentuk D dan dilengkapi tombol konfigurasi multimedia yang memudahkan kendali pengemudi dan tanpa mengganggu konsentrasi berkendara.

Untuk fitur visualnya, Omoda 5 memliki layar ganda berukuran 10,25 inci yang saling terhubung antara instrumen speedometer digital dan multimedia yang memanjang sehingga fleksibel dan nyaman untuk dioperasikan saat berkendara.

Pengalaman berkendara yang lebih menyeluruh dihadirkan dengan adanya lebih dari sepuluh fitur teknologi, antara lain wireless charging phone, keyless one–button start (PEPS), penghapus sensor otomatis, lima sensor gelombang suara, dan konfigurasi teknologi cerdas yang di dalamnya termasuk navigasi full screen, audio multimedia, dan tombol Bluetooth pada kokpit.

Omoda 5 menggunakan bodi dengan rasio baja berkekuatan tinggi 75 persen namun tetap ringan. Pada saat yang sama, mobil itu dilengkapi Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan mengadopsi standar eksperimental global untuk emisi, keselamatan saat tabrakan, perlindungan pejalan kaki, dan fitur standar lainnya yang ditetapkan oleh negara–negara di Eropa Timur, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

Untuk memenuhi standar keselamatan global, Omoda 5 juga memiliki sertifikasi global, termasuk A-NCAP, E-NCAP, L-NCAP, dan ASEAN-NCAP.

Baca juga: Chery mulai produksi OMODA 5 untuk pasar global, siap masuk Indonesia

Baca juga: Chery optimistis mampu rebut pasar segmen mobil SUV di Indonesia

Baca juga: Chery akan bangun pabrik bukti komitmen di industri otomotif Indonesia

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022