Melbourne (ANTARA News) - Toyota Motor Corp mengandalkan pengembangan desain mobil yang masuk dalam proyek Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) yaitu Innova, Fortuner, dan Hilux, di luar Jepang, guna memenuhi selera dan kebutuhan masyarakat.

Pemimpin proyek IMV dari TMC, Osamu Tomioka, pada pertemuan dengan  wartawan dari Indonesia, Thailand, dan Vietnam, di Melbourne, Australia, Selasa, mengatakan, pertumbuhan pasar di kawasan Asia Pasifik yang tinggi mendorong Toyota mengembangkan model-model IMV di luar Jepang.

"Asia Pasifik adalah salah satu pasar Toyota yang tumbuh sangat cepat, karena itu kami dengan bangga meluncurkan tiga model (IMV) yang dikembangkan oleh tim engineering dan desain lokal," katanya pada New IMV ASEAN Media Experience.

Tiga model IMV yang dikembangkan di luar Jepang tersebut adalah Grand New Innova, Grand New Fortuner, dan New Hilux, yang diluncurkan Juli tahun ini.

Saat ini, lanjut Tomioka, Toyota memiliki tiga basis desain model IMV yaitu Thailand, Australia, dan Taiwan. "Itu pertama kali mobil Toyota didesain di luar Jepang," ujarnya.

Menurut dia, Thailand, Australia, Taiwan, memiliki sumber daya manusia kreatif yang mampu memenuhi tantangan pengembangan desain model IMV, yang pasarnya terus tumbuh.

Tahun lalu penjualan Innova, Hilux, dan Fortuner, kata dia, menembus angka di atas 800.000 unit di 171 negara.

Menanggapi pertanyaan, mengapa Indonesia tidak dijadikan pusat disain Innova mengingat penjualan mobil serbaguna Toyota itu cukup tinggi di Indonesia, Tomioka menjawab singkat, "Tidak ada `desainer style` mobil di Indonesia."
(R016)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011