Jakarta - (ANTARA News) - Toyota akhir pekan ini membenarkan bahwa mereka akan kembali mengikuti balap Le Mans mulai 2012 dengan kendaraan hybrid (tenaga kombinasi baterai dan mesin) bensin.

AFP melaporkan bahwa langkah Toyota tersebut berarti kembalinya mereka setelah 13 tahun  absen dari lomba ketahanan terkenal yang berlangsung di Prancis itu.

Mesin untuk arena balap itu sedang dipersiapkan di Jepang dengan sasis sedang dibuat secara rahasia di Toyota Motorsport GmbH, yang berbasis di Cologne, Jerman.

Toyota berhenti dari balap Formula Satu dua musim lalu dengan alasan ingin memperkecil biaya. Namun, Toyota hadir secara tidak langsung dalam lomba ketahanan di sirkuit Le Mans Intercontinental Cup (ILMC) dan Le Mans Siries (LMS) sebagai pemasok mesin untuk coupe Lola milik tim Rebellion asal Swiss.

Toyota berencana untuk ikut dalam "beberapa" balap ketahanan World Endurance Championships (WEC) yang jadwalnya akan diungkapkan bulan depan.

Menurut Petinggi Toyota, Tadashi Yamashina, teknologi hybrid merupakan elemen kunci yang membawa mereka kembali tampil di Le Mans.

"Toyota Motor Corporation sudah pernah ikut Le Mans dan kali ini merupakan tantangan yang benar-benar baru karena kami menggunakan teknologi hybrid," katanya.
(A038)
Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011