Jakarta (ANTARA News) - PT Ford Motor Indonesia (FMI) membukukan penjualan 12.332 unit hingga kuartal ketiga tahun ini, tumbuh 165 persen didukung lonjakan penjualan tiga model mobil andalannya,Fiesta, Ranger, dan Everest.

Pada September FMI telah menjual Fiesta 572 unit, Ranger 736 unit, dan Everest 139 unit, kata Bagus Susanto, managing director agen pemegang merk Ford di Indonesia itu, di Jakarta Rabu.

Dia menuturkan, akumulasi penjualan model hatchback Fiesta sampai September 2011 mencapai 5.076 unit sejak diluncurkan pada Oktober 2010. Sementara penjualan SUV Ranger dan Everest masing-masing mencapai 5.589 unit dan 1.305 unit.

Bagus menuturkan, untuk mendongkrak penjualan, Ford Motor Company (FMC) selaku prinsipal akan meluncurkan delapan model global baru untuk kawasan ASEAN, termasuk Indonesia sampai 2016.

Tahun depan, dua model global pertama yang mulai dipasarkan di Indonesia adalah All New Ranger dan All New Focus. Sementara model-model lainnya segera menyusul.

Kedelapan produk yang disiapkan ini, kata dia, benar-benar baru, bukan sekedar penyegaran atau facelift mengisi segmen baru.

"Kami menerapkan strategi `One Ford` untuk Indonesia, maksudnya menghadirkan pengalaman produk global Ford di sini. Contohnya Fiesta, mobil yang dipasarkan di Indonesia sama dengan produk yang ada di Eropa dengan teknologi dan kehandalan serupa," jelas Bagus,

Untuk menopang strategi ini, lanjut Bagus, pada Juni 2010, FMC merealisasikan investasi baru senilai 450 juta dolar AS untuk membangun pabrik baru berkapasitas 150 ribu unit per tahun di Rayong, Thailand.

Pabrik itu rencananya akan memproduksi delapan model baru Ford. Sebagai tahap awal, pabrik akan memproduksi All New Focus mulai tahun depan.

"Kami juga akan menambah dealer untuk memperluas basis pasar. Sampai akhir tahun ini, jumlah dealer Ford di Indonesia diharapkan mencapai 40 lokasi dari sebelumnya hanya 34 tempat," papar dia.

(ANT-258)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011