Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan bahwa target utama perusahaan di tahun 2022 adalah meningkatkan layanan kepada pelanggan, bukan mengejar ranking penjualan semata.

Berdasarkan data, penjualan MMKSI sepanjang 2021 berada di urutan tiga nasional sebanyak 144.123 unit, setelah Daihatsu 164.908 unit dan Toyota 296.740 unit mobil.

Baca juga: Minicab MiEV dan DDH jadi strategi mobil listrik MMKSI sepanjang 2022

Meski berpeluang menggenjot penjualan untuk mengejar posisi kedua, President Director PT MMKSI Naoya Nakamura, menjelaskan bahwa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan adalah hal yang utama ketimbang mengejar ranking tersebut.

"Ekspektasi MMKSI tidak untuk mencapai rangking 1-2-3, melainkan kepuasan pelanggan yang utama," kata Naoya secara daring pada Kamis.

"Mengirimkan produk terbaik kepada konsumen fokus kami di 2022. Kami akan memperkuat kepuasan konsumen dengan produk, servis dan layanan terbaik demi maksimalnya kepuasan pelanggan, tambah Naoya Nakamura.

Sepanjang 2021, MMKSI telah menghadirkan New Pajero Sport, Xpander Rockford Fosgate Black Edition, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, serta New Xpander dan New Xpander Cross.

Dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif di mana pada tahun 2021 pertumbuhan penjualan suku cadang naik sebesar 29 persen dibandingkan dengan tahun 2020. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.

MMKSI juga terlibat dalam percepatan mobil listrik di Indonesia dengan Minicab MiEV pada GIIAS 2021 dan pada 2022 meneken nota kesepahaman (MoU) untuk studi bersama pemanfaatan kendaraan listrik bersama empat perusahaan yakni PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI dan melewati berbagai tantangan yang ada di tahun 2021. Upaya MMKSI di tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi. Dan pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen,” ungkap Naoya.

Pada kesempatan yang sama, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Tetsuhiro Tsuchida, menjelaskan bahwa langkah yang akan ditempuh perusahaan untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan adalah dengan menguatkan berbagai layanan digital dan berbagai kegiatan offline untuk memberikan apresiasi kepada konsumen.

Baca juga: Jakarta Auto Week, ajang peluncuran dan sarana test drive mobil baru
 
Aplikasi MMID Mitsubishi Indonesia (ANTARA/HO) (ANTARA/HO)
 

MMKSI terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya, dan terus memberikan pengalaman yang lebih baik untuk para konsumen Mitsubishi Motors baik dari sisi penjualan maupun purnajual. Setelah memperkenalkan serta beberapa perkembangan fitur pada aplikasi MMID tahun lalu, pada tahun 2022 ini MMKSI akan memonitor, dan melakukan pengembangkan serta perbaikan pada seluruh inovasi yang telah dihadirkan sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaat dari kemudahan mendapatkan layanan MMKSI.

Perluasan akses pun akan terus dilakukan, salah satunya yaitu dengan membuka official store spare part Mitsubishi Motors di beberapa e-commerce. Di mana hal tersebut ditujukan agar konsumen dapat dengan mudah melakukan  transaksi tanpa harus merasa khawatir karena spare part yang disediakan sangat terjamin kualitas serta keasliannya.

Sebagai hal yang paling penting dalam bisnis MMKSI, kepuasan konsumen sangat diutamakan. Oleh karena itu, di tahun 2022 MMKSI akan lebih fokus untuk memberikan apresiasi untuk konsumen yang telah memberikan kepercayaannya kepada MMKSI meskipun dalam situasi yang sulit.

Ia menjelaskan, selain pembaruan pada aplikasi My Mitsubishi Motors ID, MMKSI juga mengoptimalkan layanan MIRA atau Mitsubishi Virtual Assistant Chatbot. MIRA merupakan layanan virtual berbasis chat yang hadir dengan berbagai opsi akses sesuai preferensi pelanggan, misalnya aplikasi WhatsApp 0811-130-1300, aplikasi My Mitsubishi Motors ID dan website resmi Mitsubishi Motors Indonesia.

Fitur itu memudahkan konsumen untuk mengetahui status pesanan kendaraan, mulai dari proses awal pemesanan hingga pengiriman kendaraan.

Terdapat layanan aktivasi garansi kendaraan yang memungkinkan konsumen mengaktifkan garansi kendaraannya melalui aplikasi. Konsumen juga dapat dengan mudah mengakses informasi masa berlaku garansi dan dokumen digital kendaraan.

Layanan berikutnya adalah MiMate (Mitsubishi Motors Adventure Team) yang hadir sebagai platform komunitas online untuk seluruh pengguna Mitsubishi Motors di Indonesia. Melalui MiMate, konsumen dapat berkomunikasi dengan pengguna kendaraan Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia dan berbagi momen dan pengalamanannya hingga berdiskusi bersama mengenai produk Mitsubishi Motors.

Tsuchida menjelaskan, MMKSI juga melaksakan aktivitas offline untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan, salah satunya melalui event "special delivery ceremony."


Baca juga: Mitsubishi incar penjualan 750 unit selama JAW, mayoritas dari Xpander

Baca juga: Ragam layanan penjualan dan purna jual Mitsubishi di Jakarta Auto Week

Baca juga: MMKSI kerja sama pemanfaatan EV dengan Gojek hingga Pos Indonesia
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022