Jakarta (ANTARA News)- Volkswagen merilis gambar dan detail dari 'Up', mobil kecil yang bertujuan untuk menantang merk-merk seperti Fiat Panda, Renault Twingo, dan Peugeot 107 di segmen minicar Eropa.

Seperti yang diberitakan Autonews, Up dibekali dengan mesin tiga selinder berkapasitas 1,0 liter yang bisa menghasilkan tenaga hingga mulai dari 60 - 75 horse power.

Mobil kecil itu juga diklaim sangat hemat bahan bakar karena hanya menghabiskan 4,2 liter bensin untuk jarak 100 kilo meter.

Fitur canggihnya antara lain sistem rem otomatis yang bisa mengerem sendiri ketika mobil melaju di bawah kecepatan 30 km/jam jika sensor laser mendeteksi kemungkinan tabrakan.

VW Up yang akan mulai tersedia di pasaran Eropa akhir tahun nanti dan akan ditampilkan untuk pertama kalinya dalam ajang pameran otomotif Frankfurt, September mendatang.

Minicar dengan empat 'seat' itu merupakan model awal dari line up teranyar VW.

Dalam beberapa tahun ke depan, sebuah jajaran produk baru VW yang hadir dengan nama 'New Small Family' akan diperkenalkan dan akan menghadirkan berbagai jenis kendaraan mulai dari coupe hingga minivan.

Kehadiran Up di pasar Eropa sangat penting bagi VW, yang merupakan produsen mobil terbesar di benua itu, untuk bisa mengalahkan dominasi Toyota dan General Motors di dunia. (Ber)
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2011