Jakarta (ANTARA News) - Ada puluhan perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan berbagai perlindungan dan perawatan kendaraan anda tapi belum tentu pelayanan mereka akan maksimal terhadap kendaraan kesayangan anda, karena itu para pengemudi harus benar-benar mengetahui perusahaan asuransi kendaraan yang cocok bagi perusahaan anda.

Laurentius Iwan Pranoto Sutanto, Head Marketing Communications & PR PT. Asuransi Astra Buana, sebuah perusahaan yang menaungi perusahaan Garda Oto memberikan beberapa kiat untuk pengemudi sebelum memilih perusahaan asuransi kendaraan.

"Setiap calon harus memahami betul polis asuransi dan pilihlah layanan asuransi yang benar-benar dibutuhkan kendaraan anda," katanya ketika menghadiri ajang Indonesia International Motor Show ke-19 di JI Expo Kemayoran, Jakarta akhir pekan ini.

Pertama, pengemudi harus mengetahui perusahaan asuransi itu harus kredibel, memiliki track record yang baik, memiliki laporan keuangan yang baik dan memiliki pusat pengaduan pengemudi.

Kedua, perusahaan asuransi siap menerima keluhan masyarakat secara real time, hal itu bisa dilihat dengan seberapa banyak perusahaan asuransi memiliki wadah pengaduan pengemudi.

"Garda Oto memiliki call center 24 jam, akun facebook, email dan sms sehingga memberikan banyak pilihan kepada pelanggan untuk mengadukan dan menanyakan seputar asuransi," katanya.

Terakhir yang tak kalah penting, pelanggan harus tahu seberapa banyak perusahaan asuransi kendaraan itu memiliki kerjasama dengan bengkel-bengkel lokal untuk mengantisipasi jika tiba-tiba terjadi kecelakaan dan melakukan perawatan rutin.

"Garda Oto memiliki 300 bengkel di Indoensia dan separuhnya di Jabotabek," katanya

Iwan menegaskan para pelanggan harus mengetahui apakah bengkel itu memberikan suku cadang yang asli dan memberikan garansi setelah perbaikan.

"Kami selalu memberikan suku cadang asli dan garansi pasca service," katanya.
(adm)




Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011