Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan generasi terbaru, New Honda Blade, dengan desain dan teknologi terbaru  untuk membidik pasar kawula muda atau yang berjiwa muda.

"New Honda Blade untuk konsumen yang menyukai motor bebek (cub) dengan tampilan sporty. Blade terbaru itu dilengkapi teknologi terbaru untuk membuat kinerja mesin lebih bertenaga, namun tetap efisien," kata Presdir AHM Yusuke Hori, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan model terbaru Blade itu didesain oleh tim dari Indonesia, Thailand, dan Jepang.

"Saya sendiri terlibat banyak dalam proses pengembangannya bersama Kenji Kawaguchi, Presdir Honda R&D Asia Tenggara, dan dari R&D Honda di Jepang ada Norihieo Imada dan Hideki Ikeda," katanya.

Hori mengatakan Indonesia merupakan debut pertama New Honda Blade, karena negeri ini merupakan pasar prioritas sepeda motor Honda.

Lebih jauh ia menjelaskan New Blade mengusung mesin EFT (efficient & low-friction tecnology) berkapasitas 110cc, dengan teknologi SOHC dan empat tak. Mesin itu, kata dia, juga dibenamkan teknologi terbaru yaitu Honda Variable Ignition Control (HVIC).

"HVIC membuat proses pengapian mesin pada sepeda motor lebih efisien, tarikannya bertenaga, namun tetap hemat bahan bakar," katanya. Blok mesin model baru itu juga dilengkapi pelindung panas.

Knalpot New Blade dibuat sporty berlapis krom dengan desain terbaru yang memberi tampilan bergaya motor besar. Fitur lain yang dibenamkan pada sepeda motor terbaru itu antara lain rem cakram depan dan belakang untuk pengereman yang optima.

"Kami juga tidak merlupakan kenyamanan untuk pemakaian sehari-hari, karena itu kami melengkapinya (New Blade) dengan bagasi dengan kapasitas tujuh liter. Kami percaya model baru ini bisa mengisi segmen sepeda motor bebek menengah di Indonesia," kata Hori.

Ia menargetkan penjualan New Honda Blade sebanyak 33.000 unit per bulan. Model baru tersebut dipasarkan dengan harga Rp14 juta/unit untuk varian standar dan Rp14,2 juta/unit untuk varian racing edisi khusus (on the road Jakarta).

Eksekutif Wakil Presdir AHM Johannes Loman, menambahkan semangat balapan MotoGP telah menginspirasi Honda mengembangkan model motor balap dengan harga terjangkau, sehingga lahirlah New Honda Blade.

"Kami optimis New Honda Blade akan mampu memenuhi keinginan konsumen terhadap alat transportasi sehari-hari yang memiliki jiwa motor balap, berperforma tinggi dengan fitur yang handal," katanya.

Saat ini AHM merupakan pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dengan pangsa pasar 51,8 persen. Pada semester pertama penjualan AHM mencapai 2,1 juta unit.

Pada segmen sepeda motor bebek AHM menguasai 56,1 persen dengan penjualan sebanyak 895.819 unit dan segmen skutik (sepeda motor otomatik) menguasai 52,3 persen dengan penjualan sebanyak 1,1 juta unit pada semester pertama tahun ini. 
(R016/S019)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011