Jakarta (ANTARA News) - Indonesia boleh bangga dengan Mark Widjaja,  desainer mobil  yang rancangannya digunakan untuk kendaraan Daihatsu A-Concept.

Daihatsu A-Concept adalah mobil masa depan dengan ciri  low cost dan low consumption.

Daihatsu menggelar kompetisi pembuatan desain A-Concept selama 3.5 bulan di Osaka, Jepang. Mark mengalahkan tiga kontestan lain yang berasal dari Jepang.

"Mereka (Juri) suka dengan konsep mobil saya yang tidak flat dan desainnya yang sporty," kata pria kelahiran Surabaya 35 tahun yang lalu.

Mobil bertipe compact adalah segmen yang dituju Daihatsu karena selain bahan bakar yang irit, gesit di jalan dan terbilang murah untuk ukuran dompet orang Indonesia.

Mobil A-Concept menurut Mark dibuat berdasarkan pengalamannya sebagai Indonesia, khususnya pada  ukuran ekterior dan interiornya.

Posisi lampu belakang disesuaikan dengan dengan garis di pinggir mobil. Untuk lampu, Mark menggunakan tail lamp acyrlic.

Mark yang terinspirasi desain mobil dari film "Knight Rider", membuat tampilan depan A-Concept sangat sporty.

Kendaraan mungil itu memiliki kabin interior yang luas karena body mobil dibuat panjang ke belakang. Mobil itu bisa menampung hingga 5 orang.

"Itu salah satu ciri Indonesia, ingin mobil yang mungil tapi kabin yang luas, ini 100 % Indonesia banget," kata anak kedua dari tiga bersaudara itu.  

Mark, jebolan alumni ITS jurusan desain produk mengharapkan mobil ini nantinya bisa diproduksi dan bisa dinikmati oleh masayarakat Indonesia.(Adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011