Jakarta (ANTARA News) - Tidak sekedar menjadi ajang pamer mobil-mobil keluaran terkini, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 yang menyediakan Trampolin Area mampu menjadi tempat hiburan bagi keluarga sekaligus berkumpulnya beberapa komunitas.

Divisi Manager Otomotif Dyandra Promosindo, Lia Indriasari, di Jakarta, Senin, mengatakan hadirnya trampolin di area "outdoor" IIMS menjadi fasilitas yang mampu menjadi tempat hiburan dan bermain bagi anak-anak dan keluarga setelah berkeliling di pameran.

Tidak hanya itu, ia mengatakan kegiatan "outdoor" lain di IIMS ke 19 juga mampu mengumpulkan beberapa komunitas di tanah air. Contoh kegiatan tersebut adalah atraksi BMX Jam "X" Days, Xtreme, X-Trans yang mampu mengumpulkan komunitas BMX di tanah air.

Kegiatan "outdoor" yang dilakukan komunitas BMX ini selama pameran berlangsung dilaksanakan pukul 15.00 hingga 16.00 WIB. Atraksi dilakukan oleh para pengendara profesional dengan melakukan berbagai gerakan-gerakan berbahaya.

Atraksi ini, menurut Lia, merupakan kerjasama panitia IIMS 2011 dengan Wimcycle dan Asosiasi BMX Indonesia dengan menghadirkan pula atlet-atlet dari dalam negeri yang sudah memiliki pengalaman di dalam mau pun di luar negeri.

Kegiatan "outdoor" lainnya, menurut dia, adalah program test drive di mana pengjunjung dapat mencoba mengendarai mobil yang menjadi incaran mereka tidak hanya di area dalam JIExpo Kemayoran tetapi juga di luar area pameran tersebut.

"Ada 32 mobil dari 13 merek Agen Pemegang Merek (APM) disiapkan untuk program test drive ini. Test drive bisa dilakukan selama 10 hari pameran dari pukul 10.00 sampai 19.00 WIB di hari kerja, sedangkan di akhir pekan test drive bisa dilakukan pada pukul 12.00 hingga pukul 19.00 WIB," ujar Lia.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara IIMS 2011, Jhony Darmawan mengatakan bahwa panitia menargetkan jumlah pengunjung mencapai hingga 300.000 orang dengan transaksi hingga Rp2,7 triliun. Target penjualan tersebut meningkat Rp200 miliar dari target IIMS 2010.

IIMS ke 19 yang berlangsung dari 22 hingga 31 Juli 2011 diikuti 256 peserta pameran yang terdiri dari 32 Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), serta 220 industri pendukung dan aksesoris. Jumlah tersebut meningkat 21 persen dibanding 2010 yang hanya diikuti 203 peserta.

IIMS 2011 ini resmi dibuka Menko Perekonomian Hatta Rajasa,didampingi Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, dan Ketua hingga anggota Gaikindo pada pukul 9.00 WIB.
(V002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011