Medan (ANTARA News) - Pembalap senior Indonesia, Helmi Sungkar mengatakan, dirinya optimistis Sumatera Utara dapat kembali menjadi tuan rumah rally tingkat dunia, mengingat daerah itu pernah sukses menggelar acara serupa di tahun 1996/1997.

"Saya sangat mendukung keinginan Ketua IMI Sumut, Ijeck, yang berkeinginan agar Sumut ke depannya dapat menjadi tempat penyelenggaraan rally Asia Pasifik. Saya percaya ini dapat terwujud," katanya ditemui usai pembukaan Medan Rally 2011, di Lapangan Merdeka Medan, Jumat.

Ia mengatakan Medan Rally 2011 yang digelar IMI Sumut, merupakan momen yang sangat baik untuk mengkampanyekan keinginan tersebut, apalagi ia menilai Sumut termasuk konsisten dalam menggelar rally.

Baik pengurus IMI, masyarakat, maupun pemerintah daerah di Sumut selalu konsisten dan saling bekerjasama dalam menggelar berbagai kegiatan lomba.

Sepulang dari Medan, ia akan menyampaikan keinginan IMI Sumut tersebut ke PB IMI. Dengan harapan pada saat rapat International de l`Automobile (FIA) Oktober atau September 2011 dapat dimasukkan sebagai kandidat, lanjut Helmi lagi.

"Minimal sudah tertulis dulu di FAI keinginan tersebut. Kalau tahun 2012 kita sudah kandidat pada tahun 2013 atau 2014 kita sudah bisa melaksanakannya. Saya pikir tidak ada lagi lintasan yang paling cocok di Indonesia selain di Sumut untuk rally tingkat dunia," katanya.

Berbicara mengenai lintasan, ia menilai lintasan yang ada di Sumut sangat luar biasa karena ia sendiri sudah melihat dan merasakan langsung, apalagi pihak perkebunan yang ada di Sumut juga sangat mendukung.

Semua lintasan di Sumut murni perkebunan dan semua pemilik perkebunan juga tidak masalah jika kebunnya dipakai sebagai lintasan.

"Kita mau pakai berapa SS pun tidak masalah. Saya berharap pemerintah di Sumut juga memikirkan keinginan ini, dan ini juga tentunya dapat mendukung dunia pariwisata," katanya.

Kalau semua pihak sudah mendukung, menurut dia soal pendanaan tidak akan menjadi masalah meski akan digelar rally tingkat dunia.

"Wali Kota Medan Rahudman Harahap juga sangat mengharapkan keinginan itu dapat terwujud. Terus terang saya datang khusus kemari karena mendengar Medan Rally 2011 ini start nya digelar di jalanan di Lapangan Merdeka. Ini juga membuka memori saya tahun 1987 ketika mengurus rally di sini," katanya.
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011