Jakrta (ANTARA) -
Para pemilik kendaraan yang rutin servis berkala tentunya menginginkan kendaraan mereka selalu dalam kondisi prima setiap harinya. 
 
Ternyata, perbaikan secara berkala dan rutin saja tidak cukup. Bahan bakar minyak yang masuk ke dalam tangki kendaraan juga berperan penting untuk menjaga mesin kendaraan bekerja secara optimal, serta mempertahankan keawetan komponen.
 
Asst Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi mengungkapkan bahwa penggunaan BBM yang sesuai dengan research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin.
 
"Pemilihan bahan bakar yang baik untuk kendaraan Suzuki harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin agar kendaraan tetap berfungsi dengan optimal dan prima. Apabila pengendara kurang memahami kebutuhan BBM, pengendara dapat membaca buku petunjuk penggunaan kendaraan maupun berkonsultasi dengan teknisi kami yang berpengalaman ketika sedang melakukan service rutin di bengkel resmi atau bertanya langsung ke pihak dealer saat awal pembelian," ungkap Hariadi dalam keterangan resminya, Kamis.

Baca juga: Mengatasi suara "nembak" dari motor akibat karburator bermasalah
 
Berikut beberapa jenis BBM yang sesuai untuk mobil-mobil Suzuki:
 
1. Bahan Bakar Oktan 90
 
BBM yang memiliki oktan 90 dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Kualitas yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluan sehari-hari, dan sebagai kelebihannya BBM oktan 90 memiliki harga jual yang paling terjangkau. BBM oktan 90 dapat memenuhi kebutuhan mobil seperti New Carry Pick Up dan APV.
 
2. Bahan Bakar Oktan 92
 
Jenis BBM ini memiliki kualitas lebih unggul apabila dibandingkan dengan oktan 90. Kadar oktan 92 dapat membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.
 
Sehingga hal ini membuat performa mesin lebih baik, awet, dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. BBM jenis ini dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 10:1 hingga 11:1, seperti memenuhi kebutuhan mobil MPV All New Ertiga dan “The Extraordinary SUV” seperti XL7.
 
3. Bahan Bakar Oktan 95
 
BBM jenis ini dapat digunakan untuk mesin yang memiliki rasio kompresi lebih tinggi seperti 11:1 hingga 12:1. BBM dengan oktan 95 memiliki kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik.
 
Sehingga mampu mendorong kinerja mesin untuk mendapatkan performa lebih tinggi, efisien, dan dapat mengurangi gesekan guna memperkecil energi yang terbuang akibat panas. Keuntungannya dapat mengurangi keausan komponen mesin. Seiring dengan kualitasnya, BBM oktan 95 memiliki banderol harga yang lebih tinggi.
 
4. Bahan Bakar Oktan 98
 
Bahan bakar yang dikembangkan dengan teknologi mutakhir ini memiliki oktan yang sangat tinggi yaitu RON 98, agar sesuai dengan kebutuhan mesin mobil performa tinggi yang menuntut pembakaran lebih sempurna. Kemampuannya dalam memberikan efisiensi dan perlindungan komponen mesin sangat dibutuhkan oleh mesin dengan spesifikasi kompresi tinggi yaitu hingga 13:1. Harganya pun terpaut jauh jika dibandingkan jenis BBM lainnya.
 
Namun, apabila digunakan pada mesin berkompresi rendah akan dapat mengakibatkan gejala fuel dilution, dimana BBM tidak terbakar seluruhnya secara sempurna, meninggalkan sisa yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar terasa lebih boros.

Baca juga: Empat penyebab macetnya rem pada kendaraan

Baca juga: Pentingnya jaga jarak kendaraan saat lampu merah

Baca juga: Pentingnya rutin ganti oli gardan mobil
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022