Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Senin melepas kegiatan touring komunitas Srikandi Wonderful Ride di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Srikandi Wonderful Ride, yang terdiri dari beberapa komunitas ini, akan touring sejauh 500 kilometer serta singgah di berbagai destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif di Jawa Barat selama tiga hari mulai 25 hingga 27 Januari 2022.

Kegiatan touring ini diharapkan dapat menggaungkan berwisata #DiIndonesiaAja sehingga geliat wisatawan semakin bangkit dan membangkitkan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

“Ini adalah bagian dari daripada upaya dalam kebangkitan ekonomi. Saya mengapresiasi karena banyak destinasi dan sentra ekonomi kreatif yang akan dikunjungi,” kata Sandiaga melalui keterangan resminya, Senin.

Kegiatan tersebut mengusung tema destinasi wisata lokal dan melestarikan warisan budaya Jawa Barat. Menurut road captain Eddi Brokoli, touring akan dimulai di Gedung Sate, Bandung, dan berakhir di Kuningan.

Adapun tempat yang akan dikunjungi antara lain Rancabali, Curug Ceret Naringgul, Sunset di Negla Beach, Perkebunan Miramare, Sentra Ekonomi Kreatif Payung Geulis, Desa Wisata Cibuntu Kuningan, dan Waduk Darma.

Menurut Sandiaga kegiatan touring Srikandi Wonderful Ride sesuai dengan tren pariwisata era baru yang mengutamakan personalisasi, penyesuaian, serta mengutamakan destinasi lokal dalam cakupan yang lebih kecil.

Selain untuk mendorong geliat ekonomi kreatif, ia berharap kunjungan dari komunitas Srikandi Wonderful Ride dapat mengangkat isu-isu keberlanjutan lingkungan. Sandiaga mengimbau agar peserta kegiatan tetap taat pada rambu-rambu lalu lintas dan mengedepankan keselamatan dalam berkendara.

Sandiaga juga menitipkan pesan agar peserta touring juga dapat menggaungkan perhelatan MotoGP Mandalika yang akan berlangsung pada Maret 2022.

“Saya titipkan pesan untuk gaungkan MotoGP yang akan berlangsung 48 hari lagi agar Indonesia semakin dikenal,” katanya.

Baca juga: Realisasi anggaran Kemenparekraf 2021 capai 95,76 persen

Baca juga: Tembus 1 juta penonton, Sandiaga Uno apresiasi film "Makmum 2"

Baca juga: Sandiaga: Kemenparekraf akan beri pendampingan pelaku UMKM Subang
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022