Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tidak sekadar mengubah tampilan New Xpander menjadi lebih segar, melainkan turut memasang transmisi baru continuously variable transmission (CVT) yang membuat performanya kian bertenaga dan hemat bahan bakar.

Transmisi New CVT memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan efisien berkat keseimbangan antara akselerasi maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan serta perpindahan gigi yang halus.

"CVT sudah menjadi teknologi wajib untuk mobil zaman sekarang. Karena dengan CVT friksi yang terjadi sangat sedikit. Dengan friksi yang minimum mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan," kata duta merek Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar kepada pewarta dikutip Kamis.

Baca juga: Jangan anggap sepele, komponen karet mobil juga perlu dicek berkala

"Kemarin saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan, dan yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500. Di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada," tutur Rifat.

Pereli Indonesia itu mengakui bahwa pengguna mobil mungkin tetap melakukan "kick down" atau menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mendapatkan akselerasi. Namun menurut Rifat, hal itu tidak perlu dilakukan sebab pengguna New Xpander hanya perlu mempertahankan torsi di RPM tertentu untuk mendapatkan tenaga yang optimal.

"Ini berbeda dengan Xpander lama. Kick down memang ada tapi pengguna bisa mempertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," tutur Rifat.

Mitsubishi juga memadukan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro 4 yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM, torsi 141 Nm pada 4.000 RPM. Mesin Xpander juga telah memakai Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang mampu mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

Pereli Mitsubishi Motors sekaligus Legenda Paris Dakar, Hiroshi Masuoka, juga mengakui bahwa transmisi CVT terbaru yang dipasang pada Xpander memberikan efisiensi yang mumpuni. Apalagi transmisi itu dipadukan dengan suspensi baru yang lebih besar pada bagian belakang.

"Ada perubahan suspensi dan transmisi. Perubahan itu didasarkan pada kebutuhan dan saran konsumen. Tujuannya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan nyaman, serta efisiensi tinggi," kata Hiroshi.

Baca juga: Mitsubishi bawa tujuh mobil ke Tokyo Auto Salon, ada Minicab-MiEV

Baca juga: KTB Fuso punya bos baru tahun depan

Baca juga: Pesan Rifat Sungkar untuk pengguna mobil turbo
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022