Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW) resmi menghadirkan kendaraan model liftback lima pintu yang hanya dipasarkan di China yang berbasis MQB Evo, yakni Lamando L.

Lamando L diproduksi di China oleh usaha VW-SAIC. Mobil ini adalah model yang berbeda dari sedan Lamando biasa. Hal ini terlihat dari desainnya yang mewarisi fitur dari Arteon (dikenal sebagai CC di China), termasuk kap mesin clamshell, pintu tanpa bingkai, dan garis atap bergaya coupe.

Baca juga: VW ID6 segera hadir di China?

Dikutip dari CarsCoops, Rabu, desain khas dari mobil ini adalah wajahnya, di mana lampu depan Matrix LED yang agresif ini dipadukan dengan intake bumper yang besar. Mengikuti tren terbaru dalam model VW baru, strip LED menghubungkan lampu depan dengan emblem yang menyala.

Model ini lebih ramping dari jajaran mobil VW yang ada di China, seperti Santana, Lavida, Sagitar, Bora, Passat, CC, Lamando, Magotan, dan Phideon. Bahkan, stylingnya lebih sesuai dengan bahasa desain terbaru yang diperkenalkan oleh kendaraan listrik ID.

Hal ini juga berlaku untuk bagian belakang, yang menampilkan lampu belakang LED yang lebar, bahu yang menonjol, elemen krom dekoratif pada bumper, dan liftgate praktis yang dapat dibuka dengan kaca depan yang sangat miring.

Pada bagian dalam, mobil ini memiliki kluster instrumen digital 10 inci dan layar sentuh 12 inci untuk infotainment, sementara dasbor tampaknya berasal dari VW Golf.

Mobil ini juga dilengkapi dengan pencahayaan ambient, sunroof, sistem audio Beats, head-up display, dan tombol shift-by-wire terbaru VW untuk gearbox DSG. Boot ini memiliki kapasitas 545 lt (19,2 kaki kubik), yang sedikit lebih kecil dari yang Anda dapatkan di Skoda Octavia spek UE.

Lamando L duduk di atas versi platform MQB Evo yang telah menopang berbagai model Grup VW termasuk VW Golf, Audi A3, Skoda Octavia, Seat Leon.

Lamando L memiliki dimensi panjang 4.784 mm (188 inci), lebar 1.831 mm (72 inci), dan tinggi 1.469 mm (57,8 inci) dengan jarak sumbu roda 2.731 mm (107,5 inci). Dimensi yang dimiliki ini membuatnya sedikit lebih kecil dari Passat dan Arteon, tetapi lebih panjang dari Jetta.

Trim 280TSI dilengkapi dengan mesin empat silinder 1.4 TSI turbocharged dan non-listrik yang menghasilkan 148 hp (110 kW / 150 PS) dan torsi 250 Nm (184,4 lb-ft) yang dikirim ke gandar depan melalui tujuh- kecepatan DSG gearbox.

Penjualan VW Lamando akan dimulai di China dalam beberapa bulan mendatang, dan kemungkinan juga akan diekspor ke pasar Asia lainnya termasuk Filipina, di mana sedan dan liftback masih populer.


Baca juga: VW bakal gandakan penjualan EV di China pada 2022

Baca juga: VW bangun pabrik ketiga untuk mobil listrik di China

Baca juga: Volkswagen sedang jalani uji kelayakan mobil terbang mereka di China
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022