Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla kembali melakukan penarikan kembali "recall" terhadap setengah juta Tesla Model 3 dan Model S yang memiliki masalah dengan bagian bagasi dan frunk.

Dalam kasus ini, Tesla harus menarik semua Model 3 yang dibuat antara 2017 dan 2020, dan Model S tertentu dari antara model tahun 2014 dan 2021. Pembuat mobil tidak mengetahui adanya kecelakaan, cedera, atau kematian terkait dengan kondisi ini.

Dikutip dari CarsCoops, Jumat, menurut dokumen resmi dari NHTSA, jumlah model yang berpotensi terlibat adalah 356.309 untuk Model 3 yang diproduksi antara 15 Juli 2017 dan 30 September 2020.

Baca juga: Elon Musk jual hampir seluruh sahamnya di Tesla

Baca juga: Bisa bikin celaka, NHTSA selidiki fitur game "Passenger Play" Tesla


Selain itu, terdapat 119.009 unit Model S yang berpotensi terlibat yang diproduksi antara 16 September 2014, dan 23 Desember 2021. Perkiraan tingkat persentase untuk kendaraan yang cacat adalah 1 persen untuk Model 3 dan 14 persen untuk Model S.

Lebih khusus lagi, pada Model 3 2017-2020, pembukaan dan penutupan tutup bagasi yang berulang dapat menyebabkan keausan berlebihan pada kabel koaksial di dalam harnes bagasi yang menyediakan umpan kamera pandangan belakang pada layar sentuh tengah.

Adapun Model S 2014-2021, cacat ada hubungannya dengan kait frunk sekunder. Pada beberapa kendaraan, rakitan gerendel mungkin disejajarkan terlalu jauh ke belakang, yang berpotensi mencegah gerendel sekunder.

Dengan begitu, jika gerendel utama terlepas secara tidak sengaja dan gerendel sekunder tidak terpasang, frunk dapat terbuka tanpa peringatan, menghalangi pandangan pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Tesla akan memeriksa kendaraan untuk kemungkinan ketidakselarasan rakitan kait selama pemasangan, dan memposisikannya secara gratis. Perusahaan akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemilik kendaraan yang terkena dampak pada 18 Februari 2022, untuk menjadwalkan layanan.

Baca juga: Thundertruck kendaraan truk konsep dari perusahaan iklan

Baca juga: CyberKAT inspirasi dari Cybertruck milik Tesla

Baca juga: Tesla berhenti membiarkan pengemudi bermain gim saat mengemudi
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021