Jakarta (ANTARA) - Memasuki musim penghujan, pemilik kendaraan harus lebih berhati-hati karena cenderung jalan yang agak licin.

Selain skill yang harus mumpuni, kendaraan juga harus mendukung, salah satunya adalah bagian pengereman yang harus diperhatikan.

General Manager Aftersales Division PT MMKSI, Boediarto mengungkapkan bahwa setiap komponen yang dilengkapi pada mobil Mitsubishi Motors telah dipersiapkan guna memudahkan dan memastikan pengguna untuk berkendara dengan aman dan nyaman dalam berbagai kondisi.

"Namun pengguna Mitsubishi Motors tentu harus lebih waspada dan memperhatikan aspek-aspek vital dan juga sikap berkendara termasuk saat memasuki
musim hujan," ungkap Boediarto dalam keterangan resminya, Jumat.

Dalam hal ini, terdapat dua komponen yang harus diperhatikan oleh para pemilik kendaraan ketika memasuki musim hujan, berikut ulasannya:

Baca juga: MMKSI hadirkan Minicab ev yang digunakan oleh presiden di IEMS 2021

Baca juga: Upaya MMKSI berikan biaya perawatan minimal New Xpander


Periksa piringan cakram dan kampas rem

Bagi kendaraan Mitsubishi, setiap perawatan berkala akan dilakukan pemeriksaan kondisi system rem kendaraan setiap 20.000 km sekali. Pemeriksaan meliputi kuantitas minyak rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram, dan ketebalan kampas rem.

Dalam hal ini, pemilik kendaraan harus lebih teliti untuk memeriksanya, apabila harus mengganti kampas rem disarankan harus segera menggantinya untuk meminimalisir terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya.

"Begitupun dengan piringan cakram bisa saja mengalami keausan yang tidak merata, akibatnya ketika mengerem akan berpotensi menimbulkan getaran yang bisa terasa di pedal rem. Kalau sudah begitu harus dicek apakah piringan masih bisa dibubut atau sudah harus diganti," ucap dia.

Jika perlu dilakukan pembubutan, sangat disarankan/rekomendasi menggunakan alat bubut langsung di kendaraan untuk hasil maksimal.

Perhatikan kondisi minyak rem

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan kondisi minyak rem tangki cadangan minyak rem secara rutin seminggu sekali bersama dengan pemeriksaan komponen lainnya. Anda juga
sebaiknya mengikuti anjuran penggantian minyak rem setiap 40.000 km dengan minyak rem yang direkomendasikan di dalam Owner Manual ataupun bengkel resmi.

Jika sebelum mencapai batas jarak minimal tersebut dan minyak rem sudah habis kemungkinan ada kebocoran yang harus segera diperiksakan. Pemeriksaan rem ini sebaiknya dilakukan di bengkel resmi guna mendapatkan hasil yang maksimal.

"Untuk itu, selalu lakukan perawatan berkala di bengkel resmi pada komponen rem ini sebelum terjadinya kerusakan. Perawatan secara rutin tetap lebih baik daripada memperbaiki saat kerusakan terjadi, apalagi untuk piranti rem yang memiliki peran vital ketika berkendara," kata dia.

Dalam kesempatan ini, para pemilik kendaraan Mitsubishi pada bulan ini hingga 31 Januari 2022 memiliki program "Rainy Campaign" yang merupakan program paket perawatan kendaraan Mitsubishi Motors yang bertujuan untuk mempersiapkan kondisi kendaraan tetap prima guna memberikan rasa aman kepada pelanggan menghadapi musim hujan.

Baca juga: MMKSI turunkan Triton Rescue di lokasi tanggap bencana Semeru

Baca juga: Lakukan hal ini jika mobil terkena air laut

Baca juga: Kenali penyebab mobil terbakar dan cara mencegahnya


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021