Jakarta (ANTARA News) - Sinar matahari selalu membuat kita dalam dilema untuk memutuskan letak parkir.  Mobil yang dibiarkan bermandikan panas matahari akan membuat hawa di dalam kendaraan sangat panas.

Tapi, kalau pilihannya adalah di bawah pohon, maka ada risiko  cat mobil akan kena kotoran burung. Kesal kan? apalagi jika mobil baru dicuci.

Zat asam dari kotoran burung memang bisa mengurangi kemulusan cat, namun studi dari perusahaan perawatan kendaraan asal Inggris, Autoglym, mengungkapkan bahwa yang paling merusak adalah kombinasi kotoran burung dan panas matahari.

Kotoran yang jatuh ke cat, akan mengeras jika terpapar sinar matahari. Saat bersamaan, cat akan memuai. Saat matahari meredup dan kendaraan mulai berkurang panasnya, cat berkontraksi dan mengeras di sekeliling kotoran burung.

Tips untuk menghindari pudarnya kinclong akibat kotoran burung ternyata gampang. Jika ada kotoran burung menclok di cat mobil, segera bersihkan dengan lap basah.  Jangan tunda dengan berpikir "entar aja, gampang."  Semakin lama kotoran burung bertengger dan terus menerus terpapar sinar matahari, semakin sulit dibersihkan dan cat mobil anda semakin "dalam bahaya".
(A038/A038)

 
Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011