Jakarta (ANTARA News) - Porsche AG akan menambahkan jaringan dealer sekitar 30 persen di seluruh dunia.

"Saat ini kami memiliki 700 dealer global. Pada 2015, kami mungkin menambahkan 200 dealer lebih," kata Bernhard Maier, Manager Penjualan dan Pemasaran kepada Automotive News Eropa (ANE).

Menurut Maier, jumlah pekerja di dealer Porsche independen diharapkan bertambah dari 14 ribu menjadi 20 ribu karyawan. Satu pengecualian adalah Amerika Serikat  karena Porsche akan mengurangi jumlah dealer sedikitnya 200-190 pada 2015.

Maier mengatakan perusahaan ingin melampaui 100 ribu penjualan secara global tahun ini dari 97 ribu pada 2010. Sumber ternama Porsche kepada ANE mengatakan penjualan global harus tumbuh dengan dua kali lipat setidaknya 107 ribu unit pada 2011.

Penjualan sedan Panamera naik 24 persen menjadi 28 ribu unit, kata sumber Porsche tersebut. Maier tidak mengkonfirmasi angka itu, tetapi dia mengatakan, "Panamera telah melebihi semua harapan kita, kami telah menjual 22.6 ribu unit Panamera tahun lalu. Tahun ini, kami ingin meningkatkan angka ini secara signifikan berkat derivatif baru."

Maier mengatakan China berada di jalur untuk melampaui Amerika Serikat sebagai pasar terbesar Porsche.

"Dalam dua atau tiga tahun, saya berharap perlombaan bahu-membahu dengan Cina," katanya.

"Dan ini adalah fakta walaupun pasar AS benar-benar berkembang luar biasa. Pesanan kami naik pada kuartal pertama sekitar 34 persen pada periode tahun lalu," katanya.

Pada 2010, Porsche menjual sekitar 25 ribu kendaraan ringan di Amerika Serikat dan 15 ribu di China.
(Adm/A038)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011